Efektivitas Kebijakan Dana Desa Dalam Pembangunan Ekonomi Dan Infrastruktur Di Desa Batu Belereng Kecamatan Sinjai Borong Kabupaten Sinjai

  • Eko Supralianto Putra Universitas Muslim Indonesia
  • Dahliah Dahliah Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Efektivitas, Pembangunan Ekonomi, Infrastrusktur Desa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Kebijakan Dana Desa Dalam Pembangunan Ekonomi Dan Infrastruktur Desa Batu Belerang Kecamatan Sinjai Borong Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan dekskriptif kualitatif. Sumber data yang diolah merupakan sumber data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini adalah dalam tahap pembangunan ekonomi dan infrastruktur Desa Batu Belerang pada lima ketepatan yaitu tepat kebijakan, tepat pelaksanaan, tepat target, tepat lingkungan, dan tepat proses dinilai sudah baik karena kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Desa Batu Belerang dapat memecahkan permasalahan yang dirasakan oleh masyarakat Desa Batu Belerang dan pencapaiannya sesuai target, kemudian dalam pembangunan ekonomi dan infrastruktur Desa Batu Belerang juga melibatkan masyarakat setempat dan juga dalam pelaksanaannya sesuai dengan undang-undang dana desa. Maka dari itu kebijakan dana desa dalam pembangunan ekonomi dan infrastruktur Desa Batu Belerang dapat dikatakan efektif.

References

Boedijono B, et all, (2019). Efektivitas pengelolaan Dana Desa Untuk Pembnagunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kabupaten Bondowoso. Vol.4. No. 1:9.
Diansari, Rani Eka. (2015). Analisis Implementasi Alokasi Dana Desa (ADD) Kasus Seluruh Desa di Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung Tahun 2013. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta 2015. ISBN 978-602-73690-3-0.
Ferry Siswandi, dan Yelnim, (1018). Optimalisasi Peran Pemuda Dalam Pembangunan Ekonomi Kreatif Berbasis Sektor Parawisata. Jurnal Pembangun Parawisata. Vol. 2. No. 2.
Fhatimatuz. (2018). “Efektivitas Kebijakan Dana desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Di Desa Tegalrejo Kecamatan Gondang kabupaten Sragen”. Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Handoko, T. H. (2015). Manajemen Edisi 2. Yogyakarta: BPFE
Hanif Nurcholis, (2016). Teori dan Praktik Pemerintah dan Otonomi Daerah, Jakarta: Grasindo
Kurrohman, (2015). Accountability of Planning on Village fund Allocation in Osing Community in Banyuwangi. Johor: ISSAD.
Nurhayati, (2017). Membangun Kepemimpinan Yang Efektif Untuk Meraih Keunggulan Kompetitif Organisasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol.15. No. 2: 21-27.
Oktaresa. (2015). Alokasi Dana Desa. Yogyakarta: BPFE
Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 56 Tahun 2015 tentang kode dan data wilayah administrasi pemerintah.
Peraturan Mentri Desa Nomor 5 Tahun 2015 tentang penetapan prioritas penggunaan dana desa.
Peraturan Mentri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Teransmigrasi No. 21 Tahun 2015 tentang prioritas penggunaan dana desa
Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari Anggarana Pendapatan dan Belanja Daerah.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.
Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Jakarta.
Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 113 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Jakarta.
Wayan Rusastra. (2015). Keberlanjutan Pengembangan Infrastruktur Dalam Mendukung Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia. Jakarta: P3DI
Published
2020-01-06
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>