Analisis Strategi Pemasaran Pupuk Pada PT. Pupuk Kalimantan Timur, Tbk.

  • Andi Mochamad Riyandi Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Rahman Mus Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Masdar Mas'ud Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Strategi, Pemasaran, Informasi Pemasaran, SWOT

Abstract

Kantor penjualan PT. Pupuk Kalimantan Timur wilayah Sulawesi Selatan ini mempunyai peranan terhadap keberhasilan penjulan pupuk non subsidi dan penyaluran pupuk subsidi. Kantor penjualan ini merupakan salah satu dari banyak kantor penjualan perusahaan pupuk di Indonesia. Dalam hal ini, mereka masih tetap bersaing untuk masalah penjualan pupuk non-subsidi. Untuk penjualan pupuk non-subsidi ini tidak selalu mulus jalannya, terdapat hambatan dan kendala yang dihadapi oleh kantor penjualan Sulawesi Selatan ini. Masalah yang biasa dihadapi oleh kantor penjualan ini tingkat penjualan untuk pupuk non subsidi ini fluktuatif tergantung dari harga jual yang dikeluarkan saat periode tersebut. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah adanya perbedaan harga jual yang ditawarkan oleh pesaing yang mungkin lebih murah. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi penjualan yang tepat agar tingkat penjualan bisa meningkat dan perusahaan dapat menguasai pasar. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Analisis Pemasaran yang efektif pada PT. Pupuk Kaltim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deksriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan Maret 2020 di PT. Pupuk Kaltim, tbk jalan A.P. Pettarani, Buakana, Kec. Rappoccini, Kota Makassar, Prov. Sulawesi Selatan, 90222. Data primer dan data sekunder digunakan untuk mengumpulkan informasi mengenai kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman. Informasi yang didapat kemudian diolah menggunakan Matriks SWOT. Hasilnya kemudian dianalisis dengan metode analisis SWOT yang terdiri dari analisis internal dan analisis eksternal dalam menentukan strategi bersaing pada PT Pupuk Kalimantan Timur, TBK. Berdasarkan observasi dan pengamatan peneliti

References

Agroindonesia. (2017). Subsidi Pupuk Tidak Dihapus.Retrieved from www.agroindonesia.co.id http://www.agroindonesia.co.id/2017/03/su bsidi- pupuk-tidak-dihapus. Accesed 09 oktober.
Andreasen, A.& Kotler, P. (2002).StrategicMarketing For Nonprofit Organization. Sixth Edition, Prentice Hall. New Jersey.
Bahari, A. F., & Basalamah, J. (2019). Analisis Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Customer Relationship Management Serta Dampaknya pada Kepuasan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Kota Makassar. JURNAL MANAJEMEN BISNIS, 6(1), 11-21.
Barusman, M. Y. S. & Gunardi, S. (2014). Analisis Portopolio Produk Pada PT. Asuransi Umum Bumiputramuda 1967 Cabang Lampung Menggunakan Matrik Boston onsoulting Group (BCG). Universitas Bandar Lampung. 141-161
David, F. R. (2004). ”Manajemen Strategis: Konsep. Edisi ketujuh”. PT.Prenhallindo, Jakarta.
David, F. R. (2007). Strategic Management Concept. Nineth Edition. McMillan. Australia
Gaspersz, V. (1996). Total Quality Management. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Gitosudarmo, I. (2001). Manajemen Strategi. BPFE Yogyakarta. Yogyakarta Gresiknews. (2017). Mulai 2018 Pemerintah Cabut Subsidi Pupuk.
Retrieved from www.gresiknews.co:http://www.gresiknews.co/2017/02/mulai-2018- pemerintah-cabut-subsidi-pupuk. Accesed 09 oktober.
Kompas. (2017). Petrokimia Gresik Bersiap Bila Subsidi Pupuk Dicabut. Retrieved from www.ekonomi.com:http://www.ekonomi.co m/read/2017/07/10/150000226/petrokima-gresik-bersiap-bila-subsidi- pupuk-dicabut
Kotler, P. (2001). Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.
Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Erlangga. Jakarta Notoatmojo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta
Nurvhilda, D., Harisudin, M., & Adi, R. K. (2015). Strategi Pemasaran Benih Tomat Varietas Kaliurang Oleh Balai Pengambangan Perbenihan Tanaman Pangan dab Horikultura Daerah Istimewa Yogyakarta.
Universitas Sebelas Maret. 84-96 Pindyck, R. S. & Daniel, L. R. (2007). Mikroekonomi. Edisi Keenam. Indeks.
Jakarta Prasetya, Y. W., Yulianto, E. & Sunarti (2016). Perumusan Strategi Bisnis Perusahaan Menggunakan Matriks Boston Consoulting Group (BCG) Dan Matriks TOWS-K. Universitas Brawijaya. 170- 176
Putra, Z., Sholeh, M., dan Widyastuti, N. (2014).“Analisis Kualitas Layanan Website BTKP-DIY Menggunakan Metode WEBQUAL 4.0”.Jurnal Jarkom.
Rangkuti, F. (2014). SWOT Balanced Scorecard. Cetakan Keenam. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Sekaran, U. (1992). Research Methods For Business : A Skill Building Approach, Second Editions, John Willey & Sons, Inc. New York.
Sevilla, C. G., Jesus, O. A., Twila, G. P., Bella, P. R., & Gabriel, G. U. (2007). Research Methods. Rex Printing Company. Quezon City.
Simbar, V. & Krisnadi, I. (2013). Optimalisasi Bisnis Tower Sharing. Universitas Mercubuana.
Soemantri, A., dan Muhidin, S. (2006). “Aplikasi Statistika Dalam Penelitian”.Bandung : Pustaka Setia.
Stanton, W. J. (2001). Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta Sukirno, S. (2002). Teori Mikro Ekonomi. Cetakan Keempat Belas. Rajawali Press: Jakarta.
Syahnur, M. H., Soeharijanto, M., & Tazlie, L. (2018). Analisis Customer Experience Dengan Importance Performance Analysis (IPA)–Suatu Studi Pada Pelanggan Telkom Indihome Regional III Bandung. Jurnal Manajemen Bisnis, 5(2), 1-12.
Published
2020-01-29
How to Cite
Riyandi, A. M., Mus, A. R., & Mas’ud, M. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Pupuk Pada PT. Pupuk Kalimantan Timur, Tbk. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 106 - 118. Retrieved from http://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/447
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)