Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Komitmen Pegawai Kepada Organisasi di Lingkungan Sekretariat Badan Pengawas Pemilu di Provinsi Sulawesi Selatan

  • Muhammad Fadel Salim Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Jeni Kamase Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Serlin Serang Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Motivasi, Lingkungan Kerja, Etika, Kompetensi, Pengembangan Komitmen Kerja

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan pengaruh satu variabel yaitu variabel motivasi, lingkungan kerja, etika kerja dan kompetensi dengan variabel yang lain yaitu pengembangan komitmen kerja yang didukung oleh teori dan dalam mengumpulkan data melalui kuesioner, maka tipe penelitian ini termasuk tipe penelitian eksplanatori, yang menjadi sasaran populasi adalah seluruh pegawai Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan dalam hal ini Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri Sipil (PPNPNS) Bawaslu Sulawesi Selatan, yang merupakan staf teknis berdasarkan jumlah pegawai dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) yang berjumlah total 35 orang. Hasil penelitian ini diharapkab dapat memperkaya kajian ilmu Ekonomi Manajamen Sumber Daya Manusia, mekanisme pengembangan komitmen pegawai di sekretariat Bawaslu Sulsel terhadap perwujudan ke empat indikator tersebut niscaya akan lebih memaksimalkan komitmen pegawai untuk bekerja khususnya yang berkaitan dengan Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Komitmen Pegawai Kepada Organisasi di Lingkungan Sekretariat Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Selatan.

References

Basalamah, J. (2018). PENGARUH PENGALAMAN KERJA, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI SULAWESI SELATAN. JEMMA| Journal of Economic, Management and Accounting, 1(1), 54-61.
Handoko T.H., 2001, Manajemen, Edisi 2, Penerbit PT. BPFE, Yogyakarta.
Hasibuan, Melayu, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara Jakarta.
Hasibuan, Melayu, S.P, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Bumi Aksara Jakarta.
Manullang, M. 2009.Dasar- Dasar Manajemen. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Rahmat, S. N., & Basalamah, J. (2019). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar. PARADOKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(1), 121-132.
Siagian, Sondang., P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Pertama). Binapura Aksara. Jakarta.
Sudarmanto, 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SD, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuningsih, W., Sukmawati, S., & Basalamah, J. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja Dan Etos Kerja Islam Terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah Mandiri Cabang Makassar. CESJ: Center Of Economic Students Journal, 2(2), 125-132.
Published
2020-06-10
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>