Pengaruh Faktor-Faktor Produksi Terhadap Peningkatan Produktifitas Lahan Padi di Desa Tampumia Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu

  • Jayadi Jayadi Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Faktor Produksi, Skala Hasil Produksi

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh faktor-faktor produksi yang terdiri dari luas lahan, bibit, pupuk, dan pestisida terhadap peningkatan produktivitas lahan padi di Desa Tampumia Kecamatan Bua ponrang Kabupaten Luwu dan untuk mengetahui posisi skala hasil produksi padi di daerah tersebut apakah skalanya menaik, konstan, atau malah semakin menurun. Metode atau alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda yang mana hasil dari perhitungan tersebut akan menunjukkan angka koefisien dan angka tersebut nantinya akan menunjukkan besarnya penambahan satu input produksi terhadap produktifitas lahan , sedangkan fungsi cobb douglas dan analisis jalur akan menunjukkan seberapa besar kontribusi masing-masing input. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan faktor-faktor produksi berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas lahan padi namun secara parsial pupuk memberikan pengaruh yang negatif tetapi tidak signifikan begitu juga dengan bibit dan pestisida memberikan pengaruh yang postif tetapi tidak signifikan terhadap lahan padi.

References

Kartasapoetra.2002. Marketing Produk Pertanian dan Industri. Rineka Cipta, Jakarta.
Kotler, P. 2003. Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta.
Kusnadi. 2009. Bunga Rampai Agribisnis. Seri Pemasaran. IPB Press, Bogor.
Limbong, W.H dan Pangabean, S. 2005. Pengantar Tataniaga Pertanian. Fakultas Pertanian IPB, Bogor.
Mubyarto, 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES, Jakarta.
Soekartawi, 1990. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Soekartawi, 2002. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil pertanian Teori dan Aplikasinya. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta, Bandung.
Sukirno, S. 2002. Mikroekonomi. PT Raja Grapindo Persada, Jakarta.
Published
2019-10-31
Section
Articles