Pengaruh Etika Pelayanan Islami dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Unit Pelaksana Teknis Pendapatan Samsat Wajo

  • Andi Nurwahida Magister Akuntansi, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Syamsu Alam Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Amiruddin Amiruddin Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Structural Equation Model (SEM), Etika Pelayanan Islami, Budaya Organisasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wajib Pajak

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika pelayanan islami dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan wajib pajak pada kantor Unit Pelaksanan Teknis Pendapatan Samsat Wajo. Data dalam penelitian ini diperoleh dari masing-masing responden pada kantor Unit Pelaksanan Teknis Pendapatan Samsat Wajo Penelitian ini menggunakan data primer dengan cara melakukan penelitian langsung di lapangan dengan memberikan kuesioner/lembar pertanyaan kepada 36 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis Structural Equation Model (SEM). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: variabel etika pelayanan islami berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan wajib pajak, budaya organisasi berpengaruh negatif dan sifnifikan terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan wajib pajak. Variabel etika pelayanan islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak melalui kualitas pelayanan, sedangkan budaya organisasi berpengaruh negatif signifikan terhadap kepuasan wajib pajak melalui kualitas pelayanan.

References

Erna dora siregar 2016 Mclure, Charles E. Jr, “ The Carbon Added Tax: “An idea Whose time should Nevercome “ 2010 : 3 Carbon and Climate Low Review 250
Ghozali, Imam, 2011, Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square (PLS) Edisi 3, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Lovelock, C, dan John Wirtz, 2011. “Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7”. Jakarta : Erlangga.
Rapina dkk. 2011. Pengaruh Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan Modern Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Survey Terhadap Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying). Jurnal Riset Akuntansi Vol.III No.2 Oktober 2011.
Riyadi, Slamet dan Agung Yulianto. Pengaruh Pembiayaan Bagi Hasil, Pembiayaan Jual Beli Financing To Deposi Ratio (FDR) Dan Non Performing Financing (NPF) Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Di Indonesia. Accounting Ananlysis Journal volume 3 nomor 4,2014.
Rivai, Veitzal., 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.
Robbins, P. Stephen. (2002). Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Edisi Kelima. Diterjemahkan oleh: Halida, S.E dan Dewi Sartika, S.S. Erlangga, Jakarta.
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Published
2019-10-31
Section
Articles