Pengaruh Manajemen Mutu Terpadu Terhadap Kualitas Layanan dan Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar

  • Syukur Fudjialam Mahmud Pasca Sarjana, Universitas Muslim Indonesia
  • Salim Basalamah Universitas Muslim Indonesia
  • Baharuddin Latief Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Manajemen Mutu Terpadu, Kualitas Layanan, Kepuasan Pasien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen mutu terpadu terhadap kualitas layanan dan kepuasan pasien baik secara langsung maupun pengaruh secara tidak langsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menguji hubungan antar variabel yang diteliti. Penelitan ini menggunakan kuisioner yang hasilnya diolah menggunakan analisis jalur dan bantuan software Smart PLS 3.2.8. Hasil penelitian menemukan bahwa pengaruh secara langsung manajemen mutu terpadu berpengaruh positif signifikan terhadap kulitas layanan; manajemen mutu berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan pasien. Adapun untuk pengaruh tidak langsung (mediasi), kualitas layanan berpengaruh positif tidak signifikan sebagai varibel yang memediasi variabel manajemen mutu terpadu terhadap kepuasan pasien.

References

Ahmad, M. (2011). Analisis Manajemen Mutu Terpadu (TQM) dalam Pelayanan Rumah Sakit. . Diakses melalui https://www. google. com/url.
Anjaryani, W. D. (2009). Kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat di RSUD Tugurejo Semarang. Universitas Diponegoro
Arasali. 2004. No More Tears A Local TQM Formula for Health Promotion. International Journal of Healthcare Quality Assurance. Vol. 17 No. 3, pp: 135:145
Ariani, D. Wahyu. 2009. Manajemen Operasi Jasa.Yogyakarta : Graha Ilmu.
Chang Chen, S. H, and Lee, H. T. 2013. Interrelationship Between Physical Environment Quality, Personal Intraction Quality, Saisfaction and Behavioral Intentions in Relations to Costumer Loyalty: The Case of Kinmen’s Bed and Breakfast Industry. Asia Pasific Journal of Tourism Research. Vol. 18. No. 3 pp: 262-287.
David. 2000. The Strengths and Weakness of Internal Marketing. Dalam Internal Marketing : Directions for Management (halaman 43-60). London
Djuhaeni, Henni. 2009. Manajemen Pelayanan Medik di Rumah Sakit.
Ezugwu, Bernardine Chinyere, 2016. The Effect Of Total Quality Management on Performance in Public Enterprice. International Journal Advance Research in Management and Social Sciences. ISSN: 2278-6236. Vol. 5. No. 8.
Fandy Tjiptono, 2004, Strategi Pemasaran, edisi kedua, Andi, Yogyakarta.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Holil, Muhamad dan Agus Sriyanto. 2006. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus Kantor Pelayanan Pajak Badan Usaha Milik Negara). Universitas Budi Luhur. Jakarta.
Husein Umar, (2003), Metode Penelitian dan Aplikasi dalam Pemasaran . Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Imbalo,Pohan. 2002. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Dasar- Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: Buku Kedokteran
Juwandi, 2004, Kepuasan Pelayanan Jasa. Erlangga. Jakarta
Kozak, M., Assunakutlu, T., and Safran, B. 2007. TQM Implementation: A Study in Turkey. International Journal of Productivity and Qaulity Management.Vol. 2 No. 2, pp : 193-207
Lupiyoadi , Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : PT. Salemba Empat.
MC Cllelan. 2014. ImprovingHealth While Redducing Cost Growth: What is The Possible? Washington, DC. The Brooking Institutio.
Mosadegh, Rad A. M. 2005. A Survey of Total Quality Management in Iran: Barriers to Succesfull Implemention in Healtcare Organizations. Leadership in Health Services. Vil. 18 No 3, pp: 12-34
Nasution, M. 2005. Total Quality Management. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama
Nyakudya, M. 2011. Knowledge, Readiness and Adoption: A TQM Implementation Framework for SMEs. Interdiciplinary Review of Economics and Management. Vol. 1. No 1. Pp: 47-56
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 1045/MENKES/PER/XI/2006
Prabha, 2011. Total Quality Managemen Adoption in a Public Hospital. Evidence From Mauritius. Global Journal of Business Reseach. Vol. 5 No. 3
Purnama, Nursya’bani. 2006. Manajemen Kualitas. Edisi Pertama. Yogjakarta : EKONISIA
Richard B. Chase, Nicholas J. Aquilano and F. Robert Jacobs. 2001. Operations Management For Competitive Advantage. 9th Edition. New York : Mc Graw-Hill Companies.
Ras, N., Syahnur, S., & Hamzah, M. Nasir., & Sufri Mukhlis.(2016). Re-examining the job satisfaction–job performance link: An Investigation on the Relationship Among employees' competencies, work discipline and organizational commitment. Journal of Research in Business and Management, 4(9), 01-07.
Malik, R., & Said, S. (2019). INTEGRASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT DAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PERUSAHAAN (STUDI PADA PT. SEMEN TONASA. Journal of Industrial Engineering Management, 4(1), 55-65.
Sachdev, S.B. and Verma, 2004. Relative Importance of Service Quality Dimentions: A Multisectoral study
Sallis E, 2014. Total Quality Management in Education. Rouledge
Subekti, D. (2009). Analisis hubungan persepsi mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien balai pengobatan (bp) umum puskesmas di Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2009. UNIVERSITAS DIPONEGORO
Sugiyono (2010:115)
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan, CV Alfabeta, bandung.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Undang-Undang RI No.44 Tahun 2009 tentang rumah sakit
Utama, A. (2003). Analisis pengaruh persepsi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan rumah sakit umum cakra husada klaten. Jurnal Opsi, 1(2), 96-110.
Wahyu Ariani (2009:178)
William, A. S and Jhonson, J. K. 2013. Mclaughin and Kaluzuny’s Continous Quality Improvement in Healthcare. 4th Edition, London: Jones & Bart Left Xearniry
Wiyono, A. S. (2006). Studi tentang kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen di Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Zulian, Yamit 2014. Manajemen Kualitas. Jakarta: Ekonisia
Zulian, Yamit. 2014. Manajemen Kualitas. Jakarta: Ekonesi.
Published
2019-10-31
Section
Articles