Pengaruh Kemampuan Kerja, Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan

  • Ridha Nur Indah Sari Pasca Sarjana, Universitas Muslim Indonesia
  • Bahar Sinring Universitas Muslim Indonesia
  • Lukman Chalid Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Kemampuan Kerja, Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis pengaruh kemampuan kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan, 2) untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan dan 3) untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Regresi Berganda. Data penelitian diperoleh dari pegawai Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kausal yang bersifat explanatory. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan, hal ini berarti bahwa dengan adanya kemampuan kerja yang tinggi, maka kinerja pegawai akan semakin baik sehingga akan menghasilkan kualitas kerja seperti yang diharapkan, 2) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan, hal ini menunjukkan bahwa jika seorang pegawai mempunyai motivasi kerja yang tinggi, maka pegawai tersebut akan melakukan pekerjaannya dengan keras, tekun, dan dengan dedikasi tinggi sehingga akan tercapai hasil yang maksimal dan 3) Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan, hal ini berarti bahwa dengan adanya lingkungan kerja yang ada, telah sangat sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pegawai, sehingga tugas dan tanggungjawab yang telah diberikan dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh pimpinan.

References

Abdulrachman, Maman dan Sustini, Yeyes. 2014. Pengaruh Motivasi dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmu Manajemen Ekonologi. Volume 1 Nomor 1. Universitas Galuh Ciamis.
Akbar, D. 2014. Pengaruh Kemampuan, Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kecamatan Tambaksari Surabaya. Jurnal Kabijakan dan Manajemen Publik, 2 (1), 2303-341.
Aprilia, Lu’luwatin Rosdiana. 2018. Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Hotel Isola Resort & Meeting Services. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, Vol. 8, No. 1. Akademi Pariwisata NHI.
Ambar, Teguh Sulistiyani. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia; Konsep teori dan Pengembangan SDM dalam konteks Organisasi Publik. Graha Ilmu Yogyakarta.
As' ad, A. (2018). Pengaruh Perencanaan Kerja dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan. PARADOKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(1), 165-182.
Erawati, Andi Hartini. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Hotel Amaris Makassar. Jurnal Economix. Volume 3 Nomor 1. STIE Tri Dharma Nusantara.
Ghozali, Imam. 2014. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Penerbit: Badan Penerbit UnDip. Semarang
Handoko, H.T. 2012. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Penerbit: BPFE. Yogyakarta.
Hartatik, Indah P. 2014. Buku Praktis Mengembangkan SDM. Cetakan Pertama. Penerbit: Laksana. Yogyakarta.
Hasibuan, Malayu S.P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit: PT.Haji Masagung. Jakarta.
Supriyanto, Heri dan Mukzam, M. Djudi. 2018. Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan LPP Radio Republik Indonesia Stasiun Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol 58 No 1. Universitas Brawijaya. Malang.
Hidayat, Zainul dan Taufiq Muchamad. 2012. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Serta Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PDAM Kabupaten Lumajang. Jurnal WIGA. Vol.2 No.1. STIE Widya Gama Lumajang.
Koontz. 2010. Teori Motivasi & Pengertian Motivasi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Kreitner, Robert Dan Angelo Kinicki. 2013. Perilaku Organisasi. Edisi Terjemahan, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Mangkunegara, Anwar Prabu , 2012. Evaluasi Kinerja SDM. PT. Refika Aditama, Bandung.
Mangkuprawira, Sjafri, 2013. Bisnis, Manajemen, Dan Sumber Daya Manusia. PT. Gramedia, Jakarta
Mathis, Robet L.& Jacson, Jon H. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resourcse Management). Edisi ke-9, Buku 2 Terjemahan Jimmy Sadeli & Bayu Prawira Hie.Penerbit: Salemba Empat. Jakarta.
Nitisemito, Alex S. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia.. Penerbit: Ghalia Indonesia. Jakarta
Nurhaedah, Sukmawati Mardjuni dan H. M Yusuf Saleh. 2018. Pengaruh Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Semen Tonasa Kabupaten Pangkep. Jurnal Ilmu Administrasi. Vol 7 No 1. Pascasarjana Universitas Bosowa. Makassar.
Moeheriono. 2012. Perencanaan, Aplikasi, dan Pengembangan Indikator Kinerja Utama (IKU) Bisnis dan Publik (Cetakan ke-1). Penerbit: Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Purwanti, Diah Dewi. 2016. Pengaruh Kemampuan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Surakarta. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ramadhan, Ridho Hananta dan Arifin, Rois. 2017. Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi dan Kemampuan Terhadap Kinerja Pegawai (Study Kasus Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Malang). E-jurnal Riset Manajemen. Fakultas Ekonomi Unisma.
Rivai. Veithzal. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktek. PT. Rajagrafindo Jakarta.
Robbins P. Stephen. 2011. Perilaku Organisasi. Edisi-10. Terjemahan Benyamin Molan. PT Indeks Kelompok Gramedia, Indonesia.
Robbins dan Judge. 2011. Perilaku Organisasi Buku 1 (Edisi Ke-12). Salemba Empat. Jakarta.
Simamora, Henry. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi kedua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (YKPN). Yogyakarta.
Sudarwan. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit: Bumi Aksara. Jakarta.
Sumantri, Edi P. 2016. Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Usaha Penjualan Mobil Bekas di Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas.Jurnal Pro Bisnis. Vol 9 No 2. Universitas Wijayakusuma Purwokerto.
Suryani, Arna dan Fe Fe. 2017. Pengaruh Kemampuan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Universitas Batanghari Jambi. Prosiding Seminar Nasional AIMI. Universitas Batanghari. Jambi.
Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit: Kencana. Jakarta.
Sutrisno, Azis Fathoni dan Maria Magdalena Minarsih. 2016. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Semarang. Journal of Management. Vol. 2 No. 2. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unpand Semarang
Winardi, 2012. Manajemen Perilaku Organisasi. Penerbit: Kencana. Jakarta.
Wursanto, Ignatius, 2010. Dasar-Dasar Ilmu Organisasi. Penerbit: Andi. Yogyakarta.
Yulius. Saka. 2014. Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Sekretariat di Dinas PU Provinsi Bengkulu. Artikel Ilmiah. Universitas Bengkulu.
Published
2019-10-31
Section
Articles