Analisis Penerapan Balanced Scorecard dalam Mengukur Kinerja Perusahaan Pada PDAM Kota Makassar

  • Marlinda Citra Dewi Magister Akuntansi, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Mursalim Mursalim Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Darwis Lannai Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran

Abstract

Pengukuran kinerja digunakan untuk mengukur keberhasilan perusahaan dan memberikan umpan balik bagi perencanaan peningkatan kinerja berikutnya. Selama ini, pengukuran kinerja dilakukan dengan berpedoman pada Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 1999 dan indikator yang dikembangkan Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM). Kedua pengukuran tersebut menitiberatkan aspek keuangan dan internal perusahaan, kurang memperhatikan aspek eksternal perusahaan. Penelitian ini membahas capaian kinerja PDAM Kota Makassar dengan pendekatan balanced scorecard yang meliputi empat perspektif yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan.  Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian menyarankan antara lain (1) Tetap mengoptimalkan kinerja perspektif keuangan untuk memaksimalkan laba perusahaan, (2) Terkait kepuasan pelanggan, perusahaan harus terus berupaya meningkatkan layanannya dengan tetap memperhatikan tarif pembayaran air minum. Selain itu, perusahaan harus menambah jaringan perpipaan dan memikirkan alternatif sumber air baku agar dapat menjangkau seluruh penduduk wilayah Kota Makassar, (3) Terkait perspektif proses bisnis internal, perusahaan harus membuat strategi inovatif untuk menangani masalah tingginya tingkat kehilangan air dan kebocoran seperti melakukan penggantian pipa-pipa yang sudah rusak/tua dan mengoptimalkan kinerja tim berdasarkan zona kebocoran sehingga dapat memaksimalkan kinerja perusahaan, perusahaan juga harus dapat menangani seluruh pengaduan pelanggan sebagai bentuk layanan purnajual, (4) Terkait perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, perusahaan harus mengoptimalkan kinerja pegawai dalam rangka keikutsertaan dalam pengambilan keputusan, serta aktif mencari informasi pelaksanaan diklat terkait tupoksi PDAM agar kompetensi pegawai semakin meningkat.

References

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. (2018). Laporan Hasil Evaluasi Kinerja PDAM Kota Makassar Tahun Buku 2018.
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. (2007). Laporan Hasil Survei Kepuasan Pegawai PDAM Kota Pontianak.
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. (2007). Laporan Hasil Survei Kepuasan Pelanggan PDAM Kota Pontianak.
Behn, Robert D. (2003). Why Measure Performance? Different Purposes Require Different Measures (Volume 63). Public Administration Review, 587-592.
Gaspersz, Vincent. (2006). Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard dengan Six Sigma untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kaplan, Robert S. dan David Hal.Norton. (1996). Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga.
Luecke, Richard. (2006). Performance Management, Measure and Improve the Effectiveness of Your Employees. United States of America: Harvard Business School Publishing Corporation.
Luis, Suwardi dan Prima A. Biromo. (2009). Step by Step in Cascading Balanced Scorecard to Functional Scorecards. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Lynch, Richard L. dan Cross, Kelvin, (1993). Performance Measurement System, Handbook of Cost Management. Edisi Ketiga, New York.
Mahmudi, (2007). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Mardiasmo, (2002). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.
Moeheriono, (2010). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Surabaya: Ghalia Indonesia.
Neely, Andy. (2004). Business Performance Measurement, Theory and Practice. United Kingdom: Cambridge University Press.
Niven, Paul R. (2005). Balanced Scorecard Diagnostics, Maintaining Maximum Peformance. United States of America: John Wiley & Sons, Inc.
PDAM Kota Makassar (2018). Laporan Kegiatan Bidang Teknik Tahun 2018.
Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air.
Sugiyanto, Eko dan Kasyul Anwar, (2003). Balanced Scorecard sebagai Sistem Manajemen Strategi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol.2 No.1, April.
Yuwono, Sony, Edy Sukarno, dan Muhammad Ichsan. (2002). Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard, Menuju Organisasi yang Berfokus pada Strategi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Published
2019-10-31
Section
Articles