Pengaruh Kompetensi, Kepemimpinan, Penempatan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Personil pada Biro Sumber Daya Manusia Polda Selawesi Selatan

  • Kasman Kasman Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Serlin Serang Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Moh. Zulkifli Murfat Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Kompetensi, Kepemimpinan, Penempatan, Lingkungan Kerja, Kinerja

Abstract

Pengembangan sumber daya manusia pada dasarnya merupakan kegiatan terpadu yang dilakukan manajemen dalam rangka meningkatkan nilai tambah pegawai guna meningkatkan produktivitas organisasi sekaligus dalam rangka mempersiapkan pegawai untuk melaksanakan tugas pada jenjang yang lebih tinggi Oleh karena itu proses pengembangan sumber daya manusia berhubungan erat dengan konsep pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan pelatihan adalah suatu cara yang pasti dilalui untuk mencapai suatu pengembangan, baik pengembangan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan pegawai dalam meningkatkan kinerjanya. Pengembangan ini tidak dapat dipisahkan dari program pendidikan dan pelatihan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh, dimana teknik sampling jenuh (sensus) termasuk salah satu bagian teknik sampling non probability sampling (nonprobability sampling). Teknik sampling jenuh (sensus) adalah teknik penentuan sampel bila semua semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Dalam penelitian ini semua anggota populasi 40 orang anggota kepolisian pada Biro Sumber Daya Manusia Polda Sulawesi Selatan.

References

Anggreany, M., & Veny, A. (2017) Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Donggala. Katalogis, 5(1).
Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia: Penilaian Kinerja Karyawan. Cetakan Pertama. Erlangga. Bandung.
Ivancevich, J.M. (2005). Human Resource Management: Foundations of Personnel.5th Edition. Boston: Richard F. Irwm, Inc.
Malayu, H. (2005). Manajemen sumber daya manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Mandey, M. A., & Lengkong, V. P. (2015). Pengaruh Kompensasi, Gaya Kepemimpinan, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3).
Mangkunegara, Anwar Prabu, 2007. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Cetakan ketiga, Penerbit PT Refika Aditama, Bandung.
Mudrajad, K. (2003). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Rivai, Veithzal dan Ella Jauvani Sagala. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Rivai, V., & Sagala, E. J. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik, cetakan ke-5, PT. Rajagrafindo Persada, Depok.
Robbins, Stephen P., 2001, Organizational Behavior, Upper Saddle River, New Jersey Prentice- Hall Inc
Sedarmayanti. 2009. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. Bandung : CV Mandar Maju.
Soekidjo, N. (2003). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2014. Metodologi Penelitian Pemdidikan. CV. Alfabet. Bandung.
Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Weol, D. H. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja, Pelatihan dan Penempatan Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5).
Wibowo, T. A. (2008). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan (studi pada kantor unit cabang BRI Pattimura Semarang) (Doctoral dissertation, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro).
Wibowo, B. O. (2011). Sebuah kebutuhan untuk meningkatkan kinerja jangka panjang. J akarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wibowo, N. (2013). Pengaruh kualitas leader member exchange (LMX) terhadap produktivitas kerja melalui kepuasan kerja dan komitmen organisasional pada PT. Nutrifood Surabaya. Agora, 1(1), 58-67.
Published
2019-07-31
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)