Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Nilai Manfaat Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Jek

  • Jimmy Fachmy Pasca Sarjana, Universitas Muslim Indonesia
  • Syahnur Said Universitas Muslim Indonesia
  • Mapparenta Mapparenta Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Nilai Manfaat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan nilai manfaat terhadap kepuasan pelanggan Go-jek pada Mahasiswa di kota Makassar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam ilmu Manajemen dan pengembangan teori terutama yang berkaitan dengan kualitas pelayanan, harga dan nilai manfaat terhadap kepuasan pelanggan pada Mahasiswa di kota Makassar. Penelitian ini dilakukan di tiga perguruan tinggi di kota Makassar, dimana Mahasiswa digunakan sebagai sampel pada penelitian ini. Pengambilan sampel menggunakan metode aksidental sampling dengan jumlah 300 responden. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kusioner. Teknik analis data dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Go-jek pada Mahasiswa di kota Makassar, 2) harga  berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Go-jek pada Mahasiswa di kota Makassar, dan 3) nilai manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Go-jek pada Mahasiswa di kota Makassar.

References

Agung, Ferdian, Arif. 2018. Analisis pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dalam Perspektif Islam (studi komparatif pada konsumen Indomaret dan swalayan Surya jalur 2 Korpri). Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan. Lampung.
Chaniago, Armya. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan PT Telkom Terhadap Kepuasan Pelanggan Speedy di Kota Palangkaraya. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Ghozali, Imam. 2009, Ekonometrika : Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Kotler, P dan Keller, K. L. 2016, Marketing Management. 15th Global Edition. Pearson Education Limited.
Kotler, P dan Keller, K. L. 2013, Marketing Management. 14th Global Edition. Pearson Education Limited.
Kotler, P dan Keller, K. L. 2009, Manajemen Pemasaran. Edisisi 13, Jilid 1 dan 2. Erlangga : Jakarta.
Kotler, Philip. 2002, Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.
Khasanah, Imroatul. Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Experiental Marketing dan Rasa Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pondok Tingal Magelang). Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, 12. 2015.
As' ad, A. (2018). PENGARUH PERENCANAAN KERJA DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN. PARADOKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(1), 165-182.
Laila, dkk. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan pengguna Jasa Servis bengkel AHAS 0002 Semarang Honda Center. Jurnal. 2012.
Lovelock, C. H dan Wright, L. K. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta, PT. Indeks.
Muhajir, M., As' ad, A., & Ahmad Gani, A. (2018). The Values of Maccera Tappareng Ceremony In Buginese Society at Wajo Regency (Local Culture Analysis). Available at SSRN 3349531.
Lumintang, Intan, Sinttya. Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi GO-JEK Online Pada Mahasiswa FEB UNSRAT Manado. Jurnal EMBA, Volume 6, No. 3, 1778:1787. 2018
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Ke-satu. Salemba Empat, Jakarta.
Marcel, Davidson. 2011. Service Quality in Concept and Theory. American Press, USA.
Markplus Institute, Modul Delivering Service Excellence. 2015. Markplus Inc.
Mc. Dougall, Gordon H. G & Terrace J, Levesque. 2000. Customer Satisfaction : Putting Perceived Value into The Equation. Journal of Service Marketing Vol. 14.
Mega T, Maretia. Pengaruh Harga, Nilai Manfaat, dan Kualitas terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone Blackberry di Surabaya. Journal of Business and Banking Vol 3, no.2. 2013.
Nor, Soleh, Ahmad. 2018. The Effect of Service Quality, Price and Trust To Customer Satisfaction Users of Transportation Services Online Ojek (Study on Customers of Gojek in Semarang City). Skripsi. Semarang, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Padanaran.
Oliver, Richard L. A. Cognitive Model of the Antecedentsand Consequences of Satisfactions Decicions. Journal of Marketing Research Vol. XVII digitize by Jstor. 2008.
Rachmawati, Rina. Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (sebuah Kajian Terhadap Bisnis Makanan). Jurnal TEKNUBUGA, Volume 2, No. 2. 2010.
Rangkuti, Freddy. 2003. Measuring Customer Satisfaction. Cetakan kedua. PT Gramedia Pustaka, Jakarta.
Rangkuti, Freddy. 2011. Sistem Penilaian dalam Peningkatan Pemasaran Produk dan Jasa. Havarindo, Jakarta.
Richard, Gerson. 2002. Mengukur Kepuasan Pelanggan. PPM, Jakarta.
Ridwan, dan Ahmad Kuncoro, Engkos. 2008. Cara Menggunakan dan Memahami Analisis Jalur. CV. Alfabeta, Bandung.
Rosvita, Dua Lembang. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Cuaca Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Merek Teh Botol Sosro. 2010. Semarang
Santoso, Singgih. 2002. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Sternvelt, Robert C. 2010. Perception of Service Quality. Allyn and Bacon, Massachusetts. (diterjemahkan oleh Purwoko).
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. 2102. Metode Penelitian Administrasi. CV. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung.
Sunyoto, Danang. 2012. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. CAPS. Yogyakarta
Sweeney, Jillian C. and Soutar, Geoffrey N. 2001. Consumer Perceived Value : The Development of a Multiple Item Scale. Journal of Retailing 77 (2), 203-220. University of Western Australia, Perth
Tala, Yuanita. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Customer Perceived Value terhadap Kepuasan Pelanggan serta dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan (studi kasus pada pengguna jasa transportasi Go-jek di wilayah Tanggerang Selatan). Skripsi, Jakarta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Andi Offset. Yogyakarta.
Wahyuno, Cahyo. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pengguna Jasa Hotel Anugrah Glagah Indah Temon Kulon Progo Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Yong, Hui dan Loh, Mich., 2011. Marketing Performance Management. 2nd Edition. Mas Houghton Mifflin Company, Boston
Zahra, Atika. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Pelanggan Gojek di Kota Yogyakarta). Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Zeithaml, Valerie, Bitner & Gremler. 2103. Service Marketing-Integrated Customer Focus across the Firm. 6th. McGrawhill, New York.
Published
2019-07-31
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)