Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Memilih Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Pangkep

  • Alfian Alfian Magister Manajemen, Universitas Muslim Indonesia
  • Jeni Kamase Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Hasanudin Damis Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Bauran Pemasaran, Keputusan Memilih KUR

Abstract

Penelitian ini menggunakan data kuesioner, studi kepustakaan dan wawancara dengan teknik analisis data uji kualitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda serta pengujian hipótesis. Hasil penelitian menemukan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) maka dapat disimpulkan bahwa produk, harga, promosi, lokasi, karyawan, sarana fisik dan proses layanan mempunyai pengaruh secara serempak terhadap keputusan nasabah dalam memilih kredit usaha rakyat pada PT. Bank Mandiri (Persero) Cabang Pangkep, sehingga hipotesis pertama yang diajukan terbukti kebenarannya, dari hasil pengujian regresi secara parsial (uji t) maka dapat disimpulkan bahwa masing-masing variabel yang terdiri dari : produk, harga, promosi, lokasi, karyawan, sarana fisik dan proses layanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan memilih kredit usaha rakyat pada PT. Bank Mandiri (Persero) Cabang Pangkep, sehingga hipotesis kedua yang diajukan dapat diterima, berdasarkan hasil pengujian koefisien regresi maka dapat disimpulkan bahwa variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan  memilih Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Cabang Pangkep adalah produk, hal ini dikarenakan variabel produk memiliki nilai unstandardized coefficient yang terbesar jika dibandingkan dengan variabel lainnya. Dengan demikian hipotesis ketiga dapat diterima.

References

Kasmir, 2014, Manajemen Perbankan, edisi revisi, cetakan kedelapan, Penerbit : Grafindo Persada, Jakarta
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition, Pearson Education
Kotler, Philip, 2012, Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian, Prentice Hall, Edisi Bahasa Indonesia, Penerbit : Salemba Empat, Jakarta
Lena Henny, Triska Zulkarnain, Llilis Sulistyowati, (2014) Bemasaran Jasa Bank Terhadap Kepuasan dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Debitur BPR di Wilayah Riau Pesisir. Vol. VI No. 2 Mei 2014 Jurnal Tepak Manajemen Bisnis
Lupiyoadi, Rambat, 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. edisi Keempat, Penerbit : Salemba Empat, Jakarta
Rizaldy Irfan Nuzwary, (2015) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Tabungan Muamalat dan Ummat (Studi Kasus Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Sungkono Surabaya) E-Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas UNISMA
Sugiyono .2016. Statistik Untuk Penelitian, cetakan keduapuluhtujuh, Penerbit : Alfabeta, Bandung
Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Penerbit : Change Publication. Jakarta
Tjiptono Fandy, 2014, Pemasaran Jasa, edisi pertama, Penerbit : Andi Yogyakarta
Umar Husain, 2013, Desein Penelitian Manajemen Strategik, edisi pertama, cetakan kedua, Penerbit : Rajawali Pers, Jakarta.
Published
2019-07-31
Section
Articles