Struktur Modal, Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Biaya Modal Sebagai Variabel Intervening

  • Lanny Tandean Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Rahman Mus Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan, Biaya Modal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur modal, kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang tercatat pada indeks LQ 45 di Bursa Efek dengan biaya modal sebagai variable intervening. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan metode purposive sampling. Sampel Penelitian ini sebanyak 24 perusahaan dengan jumlah data yang diamati sebanyak 120 data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Secara partial, variabel struktur modal dan biaya modal memiliki pengaruh langsung yang artinya berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang tercatat pada indeks LQ 45 di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Sedangkan kebijakan dividen tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang tercatat pada indeks LQ 45 di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. (2) Secara tidak langsung, variabel struktur modal dan kebijakan dividen berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan melalui biaya modal sebagai Intervening variabel. Secara simultan, variabel struktur modal, kebijakan dividen, dan biaya modal berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan

References

Arieska, Metha dan Barbara Gunawan. 2011. Pengaruh Aliran Kas Bebas dan Keputusan Pendanaan terhadap Nilai Pemegang Saham dengan Set Kesempatan Investasi dan Dividen sebagai Variabel Moderasi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 13, No. 1, Mei 2011:13-23.
Artini, Luh Gede Sri. Dan Puspaningsih, Ni Luh Anik. 2011. Struktur Kepemilikan dan Struktur Modal terhadap Kebijakan Dividend dan Nilai Perusahaan. Fakultas ekonomi Universitas Udayana. Jurnal keuangan dan Perbankan, Vol.15 No.1 Januari 2011. Terakreditasi SK. No. 641/DIKTI/Kep/2010.
Dewi, Putu Yunita Saputri., Yuniarta, Gede Adi, dan Atmadja, Ananta Wikrama Tungga. 2014. Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan LQ 45 di BEI Periode 2008-2012. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi S1 (volume 2 no: 1 Tahun 2014).
Gayatri, Ni Luh Putu Rassri, dan Mustanda, I Ketut. 2013. Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividend an Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.
Miller, Merton H. dan Modigliani, F. 1961. Dividend Policy growth and the valuation of shares. The Journal of Business, Vol. 34, 411-433.
Myers, S.C. 2001. Capital Structure. The Journal of Economic Perspectives, 15(2), 81-102.
Rustendi, Tedi & Farid Jimmi. 2008. Pengaruh Hutang dan Kepemimpinan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal akuntansi. Vol. 3 No. 1. Hal. 412-423.
Smart, S. B., Megginsin, Gitman. 2004. Corporate Finance. Ohio: South-Western, Thomson Learning.
Said, Salmah. 2012. Manajemen Keuangan: Suatu Pengantar. Makassar: Alauddin University Press.
Sari, Wanda Novita. 2014. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013). Fakultas Ekonomi Universitas Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjung Pinang.
Yuliani., Umrie, Rasyid Hs. Dan Diah Yuliansyah M. 2012. Determinan Struktur Modal dan Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan pada Pasar yang sedang Berkembang (studi pada Sektor Real Estate and Property). Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya.
Wijaya, Lihan Rini Puspo dan Wibawa, Bandi Anas, 2010. Pengaruh Keputusn Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas
Published
2019-06-02
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)