PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI

  • Indah Ayu Lestari Universitas Muslim Indonesia
  • Indah Ayu Lestari Universitas Muslim Indonesia
  • Nasir Hamzah Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Dinas Sosial di Kabupaten Pangkep. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Regresi Berganda. Data penelitian diperoleh dari pegawai Kantor Dinas Sosial di Kabupaten Pangkep. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kausal yang bersifat explanatory. Hasil penelitian ini menemukan gaya kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Dinas Sosial di Kabupaten Pangkep. Hal ini menunjukkan jika seorang pegawai mempunyai motivasi kerja yang tinggi, maka pegawai tersebut akan melakukan pekerjaannya dengan keras, tekun, dan dengan dedikasi tinggi sehingga akan tercapai hasil yang maksimal.

References

Affandy. 2016. Analisis Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai Pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Sigi. e Jurnal Katalogis, Volume 4 Nomor 9. Administrasi Publik Pascasarjana Untad.
Brury, Monce. 2016. Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor SAR Sorong. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen. Vol 4 ,No.1. Fakutas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi
Cahyono, Wandre Agus, Djamhur Hamid dan Gunawan Eko Nurtjahjono. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. (Studi Pada Pt. Victory International Futures Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 33 No. 2. UniBraw.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Penerbit: Badan Penerbit UnDip. Semarang
Jacob Resa R, Sientje C. Nangoy dan Altje L. Tumbel 2015. Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kab. Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Jurnal EMBA. Vol 3 No 3. Universitas Sam Ratulangi Manado.
Juhana, Dudung dan Haryati. 2013. Pengaruh Motivasi, Disiplin Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Entrepreneurship Vol. 7, No. 2. STIE Pasundan Bandung.
Pebriyanto, Nofa dan Budiyanto. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Pelatihan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Baba Rafi Indonesia. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 6, Nomor 12, STIESIA Surabaya.
Robbins P. Stephen. 2011. Perilaku Organisasi. Edisi-10. Terjemahan Benyamin Molan. PT Indeks Kelompok Gramedia, Indonesia.
Sedamaryanti. 2011. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Penerbit: CV Mandar Maju. Bandung.
Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja Edisi Ketiga. Penerbit: PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Widiyanti. Didik. 2015. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Gaya Kepemimpinan Kerja Terhadap Kualitas Kinerja Karyawan Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wirjana, Bernadine R., dan Susilo Supardo. 2015. Kepemimpinan, Dasar-Dasar dan Pengembangannya. CV. Andi Offset. Yogyakarta
Published
2019-02-03
Section
Articles