PKM Pendampingan Bimbingan Teknis Administrasi Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES)

  • Asriani Junaid Universitas Muslim Indonesia
  • Amiruddin Amiruddin Universitas Muslim Indonesia
  • Muslim Muslim Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Administrasi keuangan, BUMDesa, laporan keuangan

Abstract

Pembentukan Badan Usaha Milik Desa dimaksudkan bukan saja untuk menjadi motor penggerak roda-roda perekonomian desa tetapi juga dimaksudkan sebagai sumber pendapatan Desa. Untuk itu pengelolaan keuangan desa ini harus ditangani secara profesional  Sebagai lembaga keuangan desa yang menjalankan bisnis keuangan (financial business) yang memenuhi kebutuhan usaha-usaha skala mikro yang dijalankan oleh pelaku usaha ekonomi Desa, BUMDesa wajib untuk membuat laporan keuangan seluruh unit-unit usaha BUMDesa setiap bulan dengan jujur dan transparan. BUMDesa juga wajib memberikan laporan perkembangan unit-unit usaha BUMDesa kepada masyarakat desa melalui musyawarah desa sekurangkurangnya dua kali dalam satu tahun. Olehnya itu, perlu diberikan keterampilan bimbingan teknis administrasi keuangan pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Harapan Jaya Padanglampe Kegiatan yang akan dikembangkan dalam program PKM ini adalah  pendampingan dalam  peningkatan pengetahuan Badan Usaha Milik Desa dengan melakukan bimbingan teknis administrasi keuangan Desa sehingga BUMDesa dapat memperluas jenis usahanya dalam mengelola asset Desa Padanglampe sehingga dapat meningkatkan pendapatan BUMDesa. Dengan program PKM  ini kelompok mitra akan berdaya, sehingga mampu mengakses potensi yang dimilikinya. Sedangkan pendekatan yang dikembangkan adalah pendekatan   belajar sambil bekerja/berusaha (learning by doing). Dari hasil kegiatan PKM ini, mitra (Karyawan BUMDes Harapan Jaya) telah memahami potensi asset Desa untuk dijadikan sumber pendapatan desa dan melakukan pencatatan pengelolaan keuangan sederhana sebagai dasar laporan kepada masyarakat

References

Permendes No. 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan, Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa.
Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Pengawasan Badan Keuangan dan Pembangunan.2016. Pengelolaan Keuangan Desa.Eisi ke 2. Ciawi:Bogor.
Andriani,Lilya,Anawikrama Tungga Atmadja dan Ni Kadek Sinarwati.(2014). Analisis Penerapan Pencatatan Keuangan Berbasis SAK ETAP pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Sebuah Sudi Intrepetatif Pada Peggy Salon). E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1 (Vol :2 No :1 Tahun 2014).
Soleh,Chalib dan Heru Rochmansyah. Pengelolaan Keuangan Desa. Bandung, Penerbit : Fokusmedia 2015.
Pangkep dalam angka, Badan Pusat Statistik Kabupaten Takalar, 2015
Kastasasmita , Ginanjar, 1996, Pembangunan untuk Rakyat. Pustaka Cidesindo, Jakarta
Published
2019-12-09
Section
Articles