PkM Olahan Dodol Rumput Laut Kelompok Tani Karya Kattoni Desa Nasara

  • Wahida Amra Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Thalib Yunus Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Pengolahan, Peningkatan Pendapatan, Dodol Rumput Laut

Abstract

Program PKM Olahan Dodol Rumput Laut kepada Kelompok Tani Karya Kattoni Desa Nasara Kecamatan Bangkala ini bertujuan membentuk dan mengembangkan sekelompok nelayan dan keluarganya menjadi masyarakat yang mandiri secara ekonomi melalui pendampingan pembuatan produk-produk pertanian tanpa bahan pengawet yang layak menjadi usaha rumah tangga dan penyuluhan tentang pentingnya produk pertanian dan sebagai makanan yang bernilai gizi tinggi. Target yang  ingin  dicapai melalui pelaksanaan PKM dan dakwah yaitu masyarakat Desa Nasara Kelompok Tani Karya Kattoni dapat mengolah dan memproduksi hasil pertanian sebagai usaha dan meningkatnya jumlah konsumsi dalam keluarga. Untuk mencapai target tersebut maka dilakukan pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan olaha dodol rumput laut sebagai produk-produk unggulan dari hasil pertanian untuk dijual atau dipasarkan baik di Desa maupun di Kecamatan Bangkala. Selain itu dilakukan pula penyuluhan tentang nilai gizi dan manfaat dari olahan dodol rumput laut yang dapat dipasarkan dan artikel ilmiah dalam bentuk jurnal yang akan dimuat pada berbagai media informasi yang ada di Sulawesi Selatan.

References

Anonim. 2018. Data dan Informasi Kabupaten Jeneponto Tahun 2018, Buku 1 Kabupaten, Badan Pusat Statistik, Jakarta-Indonesia.
Anonim. 2009. Indikator Kesejahteraan Rakyat Pulau Sulawesi Tahun 2009, Badan Pusat Statistik Pulau Sulawesi.
Adarno, Theodor, and Max Harkheimer, 1986, Dialectic of Elighteanment, Verso, London.
Abdul. 2012. Internalisasi Nilai – nilai Kearifan Siri’Na Pacce dalam Konstruksi Konsep Pengendalian Manajement (Studi kasus Bengkel Toyota Alauddin Makassar).
Asrie Hamzah Muhammad, 2010. Kemiskinan dan Strategi Pengentasannya. Disertasi Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.
Arief R. Karseno, 2002. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Lokalitas Dalam Perspekti Ekonomi, Lembaga Pengabdian Masyarakat UGM.Jogyakarta.
Arifin, B dan Ruhbini (2001). Ekonomi Politik dan kebijakan Publik. Penerbit gramedia Jakarta.
Adams, R. H. and Page, J.(2003). Poverty ineguality and growth in Selected Middle East and North Africa countries, 1980 - 2000.ww
A. Sackey, H (Tanpa Tahun). Kemiskinan di Grana dilihat dari Persfektif Berbasis asset. Alexandre (2009). Manfaat cabe, selama Transisi: bukti Dari Survai rumah Tangga di Ukraria.
Arrow, K. 1973. Some ordinal instutilatraian Notes and Rawls, Theory of justice journal of philosofi, vol 70,245-263.
Ahad. P dan Lea, S. Phisikologi dan Ilmu Ekonomi Behavioral Untuk kemiskinan.
Ardichvili.A,(2011).Ethicalcultures in large Busines Organizations in Brazil, Rusia, India and China.j busethics (2012).105:3-42
Published
2019-12-09
Section
Articles