Pembuatan Minuman Sarabba Cokelat Bagi Kelompok Mitra

  • Muhammad Syafii Basalamah Universitas Muslim Indonesia
  • Syamsuri Rahim Universitas Muslim Indonesia
  • Amir Amir Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Sarabba Cokelat, Pemasaran, Kelompok Mitra

Abstract

Sulawesi selatan merupakan penghasil Jahe dan kakao yang sangat produktif. Minuman Sarabba Coklat ini mirip dengan minuman “sarabba pada Umumnya”, yang sangat populer pada masyarakat Sulawesi Selatan. Perbedaan minuman Sarabba Coklat ini dengan “sarabba” adalah pada proses pengolahannya. Minuman  sarabba   diolah dari  gula merah dalam bentuk cair, sedangkan pada pembuatan minuman Sarabba Coklat ini adalah terbuat dari Sari Jahe, gula pasir dan bubuk cokelat hasil pengolahan dari buah kakao dan diolah dengan cara kristalisasi sehingga diperoleh minuman dalam bentuk serbuk atau bubuk. . Kelebihan dari minuman Sarabba Coklat adalah memiliki rasa yang enak yang merupakan paduan rasa cokelat dan Jahe juga dapat berfungsi sebagai minuman kesehatan, dapat disimpan lama dan mudah dalam pendistribusian atau transportasi. Disamping itu proses pembuatan minuman Sarabba Coklat ini sangat mudah karena menggunakan teknologi yang sederhana, sehingga usaha pembuatan minuman ini sangat mudah dikembangkan.

References

Andini, R. D., 2008, Efek Ekstrak Jahe Merah (Zingiber officinaleRoscoe.) SecaraIn Vitroterhadap Relaksasi Jaringan Otot Polos Trakhea Terpisah Marmut (Cavia porcellus) yang Diinduksi oleh Histamin, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.
Anonim, Jahe. https://id.wikipedia.org/wiki/Jahe. diakses 12-3-2018
Anonim, 2004, Sehat dengan Ramuan Tradisional: Khasiat dan Manfaat Jahe Merah si Rimpang Ajaib, Agromedia Pustaka, Jakarta Selatan.
Duma, N.2011. Pengembangan Minuman Cokelat Jahe. Laporan Penelitian Balai Besar Industri Hasil Perkebunan Makassar. Kementerian Perindustrian
Published
2019-12-09
Section
Articles