Pelatihan Motivasi dan Kewirausahaan Bagi Warga Desa

  • Ajmal As'ad Universitas Muslim Indonesia
  • Haerdiansyah Syahnur Universitas Muslim Indonesia
  • Muara Arumbarkah Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Motivasi, Kewirausahaan, Penyuluhan, Monitoring, Warga Desa

Abstract

Pengabdian masyarakat ini ditujukan kepada para Masyarakat Desa Sandrobone, Kecamatan Sanrobone Kab. Takalar sebagai individu dan kelompok yang diharapkan mampu meningkatkan wirausaha baru sebagai bentuk inovasi dan strategi dalam meningkatkan jumlah wirausaha baru sehingga dapat menciptakan serta meningkatkan pendapatan warga desa. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan memberikan materi terkait dengan Motivasi dan Kewirausahaan, sehingga para peserta dapat termotivasi untuk memperkenalkan dan meningkatkan nilai jual produk daerahnya dengan cara berwirausaha. Pelaksanaan program PkM kegiatan disasarkan pada pelajar atau pemuda di Desa sanrobone terdiri dari dua tahap, yakni Tahap Penyuluhan dan Tahap Monitoring dengan hasil bahwa setiap sekolah yang ada pada wilayah desa binaan UMI, Sanrobone memiliki antusias terhadap pelatihan Motivasi dan Kewirausahaan untuk pengembangan pendapatannya melalui pemanfaatan Sumber Daya yang tersedia.

References

Adams, Joan. (2005). Analyze Your Company Using SWOTs. Supply House Times, September 2005.
Ashoer, M., Pramukti, A., & Ramdhani, M. R. (2019). Pelatihan Pengembangan Jiwa Kewirausahaan pada Siswa/i SMA. Jurnal Pengabdian Bina Ukhuwah, 1(2), 1-7.
Chaffey, Dave. (2009). E-Business and E-Commerce Management: Strategy, Implementation and Practice. England: Pearson Education Limited.
Connolly, Thomas., & Begg, Carolyn. (2005). Database System: A Practical Appoarch to Design, Implementation, and Management (4th edition.).
United States: Addison Wesley. Constantianus, Frederick. (2006). Produk Dan Jasa Dalam Kaitannya Dengan Tingkat Kepuasan Konsumen Sebagai Elemen Dalam Sistem Kerja ECommerce. Jurnal Sistem Informasi UKM, Vol 1, No.1, Maret 2006: 27-36.
El-Gohary, Hatem. (2010). E-Marketing- A literature Review from a Small Business perspective. USA: Centre for Promoting Ideas.
Justesen, Susanne. (2006). Gantt Charts And Innovation Management. Innoversity Research. Klerkegade 19.
Liu, Ying. (2007). Multicriterion market Segmentation: A Unified Model, Implementation and Evaluation.Dissertation Doctor of Philosophy With a Major In Management.University of Arizona.
Meyliana. (2010). Analisa Strategi E-Marketing dan Implementasinya (Study Kasus: Perusahaan Retail Garment). Yogyakarta:Seminar Nasional Informatika. UPN Veteran, 22 Mei 2010.
O'Brien, James. A. (2005). Pengantar Sistem Informasi (12th edition). Jakarta: PT. Salemba Emban Patria. Rayport, Jeffrey. F., & Jaworski, Bernard.
Published
2019-12-09
Section
Articles