Pembuatan Produk Selai Rumput Laut Di Desa Sanrobone Kabupaten Takalar

  • Serlin Serang Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Inovasi produk, Pelatihan, Pemasaran

Abstract

PKM yang akan dikembangkan adalah Pembuatan Pembuatan produk Selai yang terbuat dari rumput laut. proses pembuatan produk selai rumput laut, mulai dari pemilihan bahan baku, proses pembersihan rumput laut sampai proses produksi produk olahan rumput laut. Kegiatan ini melibatkan mitra secara langsung dan disaksikan oleh Bapak Kepala Desa mulai dari persiapan, penyediaan sarana tempat pelatihan, sampai terlaksananya kegiatan tersebut. Tanya jawab, diskusi pada waktu pelatihan dan demonstrasi telah dilakukan dalam rangka peningkatan pemahaman dan keterampilan mitra terhadap keberhasilan usaha pengolahan Selai Rumput Laut yang siap dipasarkan. Setelah PKM ini dilakukan maka kelompok mitra dapat mengetahui bahwa rumput laut bisa juga dibuat selai yang selama ini diketahui hanya untuk membuatĀ  puding. Selai Rumput laut dapat dibuat dengan mudah dan sebagai makanan pelengkap camilan untuk minum teh. Selai Rumput Laut ini selain bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan gizinya dapat juga jadikan usaha home industri untuk menambah pendapatan rumah tangga kelompok mitra

References

https://www.researchgate.net/publication/320614560_PENDAMPINGAN_PEMBUATAN_ANEKA_OLAHAN_RUMPUT_LAUT_SEBAGAI_UPAYA_PENGUATAN_EKONOMI_MASYARAKAT_KEPULAUAN_SAPEKEN_SUMENEP [accessed Mar 15 2018].
Indah Riwayati, dkk.2013. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Produksi Kerupuk Sebagai Diversifikasi Produk Olahan Rumput Laut.
Pramukti, A. LITERASI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DANA DESA PADA DESA SANROBONE KABUPATEN TAKALAR. Buletin Udayana Mengabdi, 18(3).
Website Dinas kelautan dan perikanan brebes, 2012, http://www.perikanan.brebeskab.go.id/
Published
2019-09-15
Section
Articles