Impulse Buying on users of online shopping

  • Orfyanny S Themba STIEM Bongaya Makassar
  • Aminuddin Hamdat Institut Bisnis dan Keuangan Nitro
  • Nur Alam Institut Bisnis dan Keuangan Nitro
  • Karta Negara Salam Institut Bisnis dan Keuangan Nitro
Keywords: Hedonic Shopiing Motivation, Shoping Lifestyle, Price Discount, Impulse Buying

Abstract

This study explores the effect on impulse buying of hedonic motivation for shopping, shooping lifestyle and price discount. In this type of non-probability sampling method used in the study, the collection of data using a questionnaire instrument is judgmental sampling to Lazada.co.id for as many as 100 consumers. With the assistance of the SPSS unit, the type of analysis used is multiple linear regression. The results of this study show that hedonic motivation for shopping, shopping lifestyle and price discount have a significant impact on the purchase of impulses on Lazada.co.id Online Shopping Consumers.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiputra, E. (2015). Perilaku Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying) Di Pusat Perbenjaan Modern Di Surabaya. An-Nisbah, 1(2), 155-180.
Ali, M. F., Iqbal, M., & Devita, L. D. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Keterlibatan Fesyen Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif (Survei pada Konsumen Fesyen Muslimah di Jakarta). Jurnal Administrasi Bisnis, 64(1).
Andryansyah, M., & Arifin, Z. (2018). Pengaruh Hedonic Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying (Survei pada Konsumen Hypermart MalangTown Square yang Melakukan Pembelian Tidak Terencana). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 57(1), 111-118.
Anggreani, D. D., & Suciarto A., S. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Perilaku Hedonik Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Pada Toko Belanja OnlineShopee). JEMAP: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, dan Perpajakan, 3(1), 36-51.
Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran E-commerce Terhadap Perekonomian Indonesia Selama Pandemi Covid-19. JKMB. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 114-123.
Dalihade, M. P., Massie, J. D., & Tielung, M. V. (2017). Pengaruh Potongan Harga Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Matahari Departement Store Mega Mall Manado. Jurnal EMBA, 5(3), 3538 -3549.
Deviana D, N. S., & Giantari, I. A. (2016). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(8), 5264-5273.
Febriani, S. F., & Purwanto, N. (2019). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Hijab Butik Rabbani Jombang. JMD: Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 2(2), 53-62. ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harnoto. (2014). Strategi Kepuasan Pelanggan Dalam Mempertahankan dan Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, XXI(36).
Helmalia, & Afrinawati. (2018). Pengaruh e-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI(Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 3(2), 237-246.
Hidayat, R., & Tryanti, I. K. (2018). Pengaruh Fashion Involvement dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulsive Buying Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration, 2(2), 174-180.
Ikanubun, D., Setyawati, S. M., & Afif, N. C. (2019). Sarana dan Prasarana tersebut akan Memberikan Rasa Senang dan Nyaman Kepada Pembeli Sehingga dengan Sendirinya Akan Mendorongnya Untuk Melakukan Impulse Buying. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi (JEBA), 21(1).
Jogiyanto, H. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis (salah kaprah dan pengalaman-pengalaman). Yogyakarta: BPFE.
Lestari, S. I. (2018). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying melalui Nilai Hedonik di Carrefour Surakarta. Jurnal Maksipreneur, 7(2), 129-140.
Putri, T. V., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Makanan Kekinian Mahasiswa Urban Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1417-1428.
Rahma, W. S., & Septizola, W. (2019). anyaknya produk yang disediakan oleh Lazada akan membuat konsumen selalu ingin mengikuti perkembangannya, apalagi jika ada penawaran khusus seperti diskon yang diberikan oleh Lazada.co.id. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 1(1), 276-282.
Rahmawati, N. T. (2018). Pengaruh Hedonic Shopping Value Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia(3), 318-326.
Safa'atillah, N. (2017). Analisis Pengaruh Faktor Price Discount, Bonus Pack dan Brand Image Terhadap Konsumen Dalam Melakukan Impulse Buyingpada Produk Oriflame Di Kota Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, II(3), 483-493.
Salam, K. N., & Taufik, M. I. (2020). The Effect of Perceived Enjoyment on the Decision of Digital Payment Utilization in Millennial Generation. Hasanuddin Economics and Business Review, 4(2), 50-52.
Samuri, V. I., Soegoto, A. S., & Woran, D. (2018). Studi Deskriptif Motivasi Belanja Hedonis Pada Konsumen Toko Online Shopee. Jurnal Emba, 6(4), 2238 –2247.
Saputro, I. B. (2019). Pengaruh Price Discount Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Mediasi Pada Konsumen Ritel Minimarket Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen, 16(1), 35-47
Sonata, I. (2019). Pengaruh Price Discountdan In-Store Displayterhadap Keputusan Impulse Buying pada Produk Miniso. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis (JRMB), 4(1), 46-53.
Themba, O. S. (2019). Price Discount, Sales Promotion Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Pada Pt Matahari Departement Store Makassar. Akmen. Jurnal Ilmiah., 16(2).
Wahyudi, S. (2017). Pengaruh Price Discount Terhadap Impulse Buying. Jurnal Valuta, 3(2).
Wahyuni, D. F., & Rachmawati, I. (2018, Agustus). Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buyingpada Konsumen Tokopedia. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 11(2), 59-65.
Wahyuni, R. S., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping LifestyleTerhadap Impulse Buying pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(2), 144-154.
Published
2021-02-11
How to Cite
Themba, O., Hamdat, A., Alam, N., & Salam, K. (2021). Impulse Buying on users of online shopping. JURNAL MANAJEMEN BISNIS, 8(1), 104-111. https://doi.org/10.33096/jmb.v8i1.674