Dampak Pengunjung Wisatawan ASEAN Terhadap Strategi Nation Branding “Wonderful Indonesia” Melalui Tingkat Occupancy Hotel di Kabupaten Samosir

  • Muhammad Halfi Indra Politeknik Pariwisata Medan
Keywords: Nation Branding, Tourist Decision, Occupancy

Abstract

Pengaruh citra terhadap adanya nation branding sangat penting terhadap keputusan wisatawan ASEAN yang ingin berkunjung di Indonesia terutama pada Danau Toba di Samosir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari strategi nation branding terhadap wisatawan yang ingin berkunjung di Danau Toba terkhusus dilihat dari Occupancy hotel yang telah dikunjungi. Metode dari penelitian ini menggunakan kalitatif deskriptif. Dari hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan variable independen yaitu nation branding yang terdiri dari people, torurism, cuture, heritage dan untuk variable depende yaitu keputusan wisatawan yang berkunjung. Dari hasil yang diperoleh melalui uji validitas untuk people nilai r sebesar 0,444, untuk r tourism sebesar 0,444, untuk culture r sebesar 0,474 dan untuk budaya r sebesar 0,568. Dari hasil diatas dapat diartikan bahwa sudah valid, dimana jika nilai validates r setiap pertanyaan lebih besar dari 0,361 sehingga dapat disimpulkan hasil variable yang diperoleh valid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anholt, Simon. 2007. Competitive Identity: The New Brand Management for Nations, Cities and Regions. Basingstoke: Palgrave Macmillan.

Arikunto, Suharsimi. (2005). ManajemenPenelitian. Jakarta: RinekaCipta.

Dinnie,Keith. 2008. Nation Branding: concepts, issues, practice. Amsterdam: Elsevier.

Direktorat Jenderal Pemasaran. 2013. Rakor Sinkronisasi Program Pemasaran Pariwisata Indonesia 2013. Kemenparekraf

Eugenio-Martin, Juan. 2003. Modelling Determination of Tourism Demand As A 5-Stage Process. A Discrete Choice Methodological Approach.Environment Department University of York. 341-354

Ghozali,I. (2011) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 Edisi 5. Semarang : Universitas Diponegoro.

Hermawan Kertajaya. 2002. Marketing Plus 2000; Siasat Memenangkan Persaingan Global, Jakarta: Granedia Pustaka Utama.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta : Bandung.

Susanto. 2014. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Percetakan PT Kharisma Putra Utama.

Tewari, Jatashankar R (2009). Hotel Front office. Oxford University Press. India.

Published
2020-03-11