Dampak Inovasi Produk dan Reputasi Merek Terhadap Keputusan Menabung

  • Novian Ekawaty Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dhia Husniah Athallah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Fida Nur Auliya Anwar Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan Inovasi Produk dan Reputasi Merek terhadap Keputusan Menabung pada Bank Muamalat Cabang Karawang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Penelitian ini digunakan dengan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik nonprobability sampling dengan sampel berjumlah 68 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analasis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Inovasi Produk dan Reputasi Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menabung dan mempengaruhinya secara bersama-sama sebesar 77,1%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aset, P., & Aset, P. (2019). SNAPSHOT.

Atriana, N. (2017). pengaruh reputasi dan inovasi produk tabungan terhadap keputusan menabung pada bank syariah di bandar lampung. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Dalimunthe, M. B. (2016). Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen syariah. 3(1), 95–101.

Ekasari, N., & Roza, S. (2017). pengaruh inovasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen bisnis pada umkm keripik pisang dharma jaya. 7–9.

Ernawati, D. (2019). pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk hi jack sandals bandung. Universitas Perbanas, 7.

Fakhrudin, A. (2016). Pengaruh Performance Quality , Reputasi Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Merek. Jurnal Manajemen Bisnis, 7(1), 65–83.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Kotler_and_Armstrong_-_Principles_of_Mar.

Krisnawati, Y. (2018). PENGARUH ATRIBUT PRODUK WISATA DAN CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE WONDERLAND ADVENTURE WATERPARK KARAWANG (Studi kasus pada Wisatawan Wonderland Adventure Waterpark Karawang).

Mallisa, E. I. (2017). PENGARUH KOMPETENSI KARYAWAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PT INDUSTRI TELEKOMUNIKASI INDONESIA (PERSERO).

Mazuanda, D. (2018). PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA DISTRO VEARST JEANS BANDUNG (Survey pada pengunjung Distro Vearst Jeans Bandung). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ompusunggu, W. C. (2018). PENGARUH PRODUK, DISTRIBUSI, DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI ALBUM MUSIK KOREAN POP.

Purwati, N. (2016). SAMSUNG ( Studi Pada Konsumen Smartphone Samsung di Semarang ) NOVI PURWATI Program Studi Manajemen – S1 , Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Universitas Dian Nuswantoro Semarang URL : http://dinus.ac.id/ Email : novieffendi7@gmail.com ABSTRAKSI.

Rumiati, S. (2017). PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, DIVIDEND PAYOUT RATIO, DAN LEVERAGE TERHADAP TINDAKAN PERATAAN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Publik di BEI Tahun 2013-2015).

Rusdianto, H. (2016). Pengaruh produk bank syariah terhadap minat menabung dengan persepsi masyarakat sebagai variabel moderating di pati. 4, 43–61.

Sari, N. E., & Wirawan, Y. R. (2017). Penerapan Prinsip Bagi Hasil dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Menabung pada Nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Madiun. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 120–125. UNIPMA.

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Suryawardana, E., & Yani, T. E. (2017). Analisis Pengaruh Reputasi, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 17(2), 258-269.

Wijayani, D. R. (2017). Kepercayaan Masyarakat Menabung pada Bank Umum Syariah. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1), 1. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v8i1.1-17

Mallisa, E. I. (2017). PENGARUH KOMPETENSI KARYAWAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PT INDUSTRI TELEKOMUNIKASI INDONESIA (PERSERO).

Published
2020-03-09