ANALISIS PENDAPATAN PETANI TAMBAK DI KABUPATEN LUWU

  • Muhammad Yasir Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Nur
Keywords: budidaya, perikanan tambak, pendapatan petambak

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisis pendapatan petani tambak secara umum di Kabupaten Luwu, (2) memotivasi petambak untuk menghasilkan sebanyak – banyaknya produk hasil perikanan tambak (udang windu, ikan bandeng, rumput laut, dan udang vaname) untuk memenuhi kebutuhan protein masyarakat lokal selain sebagai komoditas ekspor yang dapat meningkatkan pendapatan petambak di Kabupaten Luwu. (3) untuk mengetahui jenis budidaya perikanan yang memberikan keuntungan lebih besar bagi petambak, (4) dapat digunakan untuk memperkaya materi ajar pada mata kuliah Statistika Inference. Sampel sebanyak 50 petambak responden dipilih dengan cara sampel kemudahan (convenience sampling) dibagi dalam empat kelompok. Analisis data dengan Oneway – Anova  atau Kruskal – Wallis Statistic, menunjukkan  bahwa secara statistik, (1) Produktivitas tambak rumput laut secara rata-rata lebih tinggi dibanding produktivitas budidaya lainnya. Namun keuntungan petambak rumput laut masih lebih rendah dibanding petambak udang vaname karena perbedaan pada harga komoditas. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan keuntungan yang diperoleh diantara kelompok petambak.(3) Multiple Comparations Anova disimpulkan adanya perbedaan keuntungan yang menyolok antara petambak udang vaname dengan petambak ikan bandeng, akan tetapi antara petambak udang windu, rumput laut dan petambak ikan bandeng keuntungannya relatif sama.

References

Anonim, BPS, 2014. Kabupaten Luwu dalam Angka.
Dinas Perikanan & Kelautan Kabupaten Luwu 2013
---------------- , 2004.Kajian Pengembangan, Ekonomi yang Berbasis Partisipasi Masyarakat Kabupaten Luwu. Kerjasama Bappeda Kabupaten Luwu dengan Yayasan Bina Mitra Sawerigading.
Arief Prahasta & Hasanawi Masturi. 2009. Agribisnis Bandeng, CV. Pustaka Grafika, Bandung.
Rokhmin Dahuri, 2004. Strategi Pengembangan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Berbasis Ekonomi Kerakyatan. Seminar Nasional .
Gardner Ackley, 1980. Teori Ekonomi Makro, UI Press Jakarta.
Soekartawi, 2003. Agribisnis, Teori dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sinungan M. 2003. Produktivitas Apa dan Bagaimana ? LP3ES, Jakarta.
Sumitro Djojohadikusumo, 1992.Ekonomi Pembangunan. PT. Pembangunan Jakarta.
Mubyarto, 1997. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES, Jakarta.
Dr. Sugiyono, 2003. Statistik Non Parametris untuk Penelitian, Cetakan ketiga,CV. ALFABETA Bandung,
Moch. Soetomo H.A, 2000. Teknik Budidaya Udang Windu, Sinar Baru Algensindo, Cetakan ke dua, Bandung.
Jana T. Anggadiredja, dkk. 2009. Rumput Laut. Pembudidayaan, Pengolahan, & Pemasaran Komoditas Perikanan Potensial. Penebar Swadaya, Cetakan kelima Jakarta.
Rita Hanafie, 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Penerbit ANDI Yogyakarta
Published
2018-09-14