KALLAPRENEUR, tinjauan atas pemikiran Hadji Kalla dalam pengelolaan bisnis dari perspektif metafora amanah

  • Sjaiful Kasim Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • M Wahyuddin Universitas Islam Negeri Makassar
Keywords: KALLAPRENEUR, Bisnis, Amanah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri dasar-dasar pemikiran Hadji Kalla guna memperoleh gambaran tipologi jiwa kewirausahaan yang melekat pada sosok beliau terutama mengungkap nilai-nilai yang diyakininya dalam merintis dan menjalankan bisnis menjadi kelompok bisnis yang bertumbuh sampai generasi ketiga. Penelitian bersifat kualitatif menggunakan Grounded Theory dengan pendekatan Metafora Amanah. Hasil penelitian menunjukkan adanya kekuatan dan keteguhan beliau dalam menerapkan nilai-nilai ajaran ISLAM yang menjadi keyakinan keagamaan sebagai nilai dasar pembentuk karakter, pemikiran dan landasan kebijakan dalam pengelolaan bisnis, sehingga jiwa kewirausahaan yang dimilikinya menjadi suatu tipologi yang khas sarat nilai, yang oleh beberapa tokoh ekonom dan ulama dapat dianggap sebagai pebisnis muslim yang taat yang oleh penulis dinyatakan sebagai KALLAPRENEUR

References

Aji Dedi Mulawarman, Mengagas Laporan Keuangan Syari’ah Berbasis Trilogi Ma’isyah-Rizk- Maal, TAZKIA, Islamic Finance & Business Review, Viol 4 No, 1 januari-Junli 2009
Aji Dedi Mulawarman, Iwan Triyuwono dkk, Menuju Teori Akuntansi Syariah Baru, Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, Vol.1 No.1 Januari 2011
Daleh Mohammed Maschehdul Islam, Corporate Reporting Concept and the Emergence of Nonfinancial Information Reporting: A Letter Review, Research Journal of Financial and Accounting, Vol.8 no 8, 2017
Departemen Agama RI, Al Qur’an dan terjemahannya, CV Pustaka Agung Harapan, 2006
H.M. Arfin Hamid, DR. MH, Membumikan Ekonomi Syariah di Indonesia, Perspektif Sosio-Yuridis, eLSAS, Jakarta, Cetakan 1, 2007
H.M.Arfin Hamid, pidaro pengukuhan guru besar dalam bidanh ilmu hukum pada Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, 2013
Hadits Bukhari no 52, Software Aplikasi Ensiklopedi Hadits, Kitab 9 Imam
Howard H Stevenson dan J.Charlos Jarillo, A Paradigma of Entrepreneurship; Entrepreneurial Management, Strategis Management Journal, Vol 11,17-27(1990)
Iwan Triyuwono, Akuntansi Syariah, Perspektif, Metodologi dan Teori, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta,Edisi Kedua, 2015
Imam Syafi’i, Panduan Shalat Lengkap,terjemahan Abdul Rosyad Shiddiq, Khatulistiwa Press,cetakan keempat, Jakarta,2015
I Gusti Ayu Nyoman Budiasih, Metoda Grounded Theory Dalam Riset Kualitatif, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Vol.9 No.1, Januari 2014
J. Gregory Dees, The Meaning of “Social Entrepreneurship” Entrepreneur in Residence Kauffman Center for Entrepreneurial Leadership Ewing Marion Kauffman Foundation, School of Business Stanford University, 1998
Indah Putri Setiana, M Irfan Tarmizi, Konservatisme Akuntansi, Efektivitas Komite Audit, Konsep Amanah Dan Manajemen Laba, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jhonij Sugiarto,et.all, Effektifitas Pelatihan Entrepreneurship Skill Untuk meningkatkan minat menjadi Entrepreneur, Prediksi, Kajian Ilmiah Psikologi,Vol 4 No.1,Jan-Jun 2015
Lubaabut Tafsiir Min Ibn Katsiir, ditahqiq edisi bahasa Indonesia,Pustaka Imam Asy-Syafi’i, Jilid 1,Cetakan ketujuh,2009
Mirza Vejzagiz, The Concept of Coroporate Reporting From an islamic Perspective an Overview,
Novia Widya Utami, Pengusaha dan Entrepreneur itu Beda, Apa Perbedaannya, Jurnal by Mekari, 2017
Prof. DR.H. Idri., M.Ag. Hadis Ekonomi, Ekonomi dalam Perspektif Hadis Nabi, Prenadamedia Group, Cetakan-1,2015
Published
2020-02-28