Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dari Segi Pengeluaran Terhadap Tingkat Pengangguran

  • Mapparenta Mapparenta Universitas Muslim Indonesia
  • Aryati Arfah Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Pertumbuhan ekonomi, Pengangguran, Belanja pemerintah, Tingkat kemiskinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai secara empiris pengaruh parsial antara Pertumbuhan ekonomi, Pengangguran, dan Belanja pemerintah terhadap tingkat kemiskinan di indonesia. Jenis penelitian ini kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan kepustakaan. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menemukan bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat kemiskinan. Tingkat pengangguran berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat kemiskinan. Sedangkan tingkat belanja pemerintah berpengaruh positif  tidak singnifikan terhadap tingkat kemiskinan

References

Antoni, 2009. Pengaruh Investasi dan Konsumsi Terhadap Penyerap Tenaga Kerja Pada Sektor Industri.

Astuti, W. (2015). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dan Dampaknya Terhadap Pengangguran Dan Kemiskinan (Studi Pada Kabupaten Dan Kota Di Pulau Jawa). Jurnal EBBANK, 6(1), 1–18.

Badan Pusat Statistik, 2013. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sulawesi Selatan.

Badan Pusat Statistik, 2015. Sulawesi Selatan Dalam Angka.

Boediono, 2000. Teori Pertumbuhan Ekonomi BPFE, Yogyakarta.

Kusuma, A. H. P., Rina, R., & Syam, A. H. (2018). The Main Role of Locus of Control and Professional Ethics on Lecturer’s Performance (Indonesian Lecturer Empirical Study). International Review of Management and Marketing, 8(5), 9.

Aditya, H. P. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Data Demografi, Promosi terhadap Kecenderungan Pembelian Impulsif Dan Pengaruhnya Terhadap Budaya Konsumerisme Relatif Pada Konsumen KFC Kota Makassar (Doctoral dissertation, Tesis).

Kadir, A. R., & MAHLIA, M. (2019). Determinant of Market Orientation on SME Performance: RBV and SCP Perspective. 유통과학연구, 17, 35-45.

Ridha, A., Perdana, A. H., & As' ad, A. (2018). CELEBRITY ENDORSER PADA JEJARING SOSIALINSTAGRAM UNTUK MENARIK MINAT PEMBELIAN CALON KONSUMEN. JURNAL ECONOMIC RESOURCE, 1(1), 86-96.

Sukirno, S. (2008). Makro Ekonomi, Teori Pengantar. Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.

Syafrizal, 2015. Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Era Otonomi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Subandi, 2008. Ekonomi Pembangunan Penerbit Alfabeta, Bandung.

Published
2020-01-24