Pengaruh Pengetahuan Teknologi, Persepsi Kemudahan dan Kesulitan Terhadap Penggunaan E-Billing

  • Jumnawaty Rasyid Universitas Muslim Indonesia
  • Fadliah Nasaruddin Universitas Muslim Indonesia
  • Hamzah Ahmad Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Pengetahuan Teknologi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kesulitan, E-Billing, Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji pengaruh pengetahuan teknologi, persepsi kemudahan dan kesulitan terhadap penggunaan e-billing di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kabupaten Maros. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 orang wajib pajak. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode regresi berganda dengan bantuan software SPSS. hasil penelitian ini ini menemukan bahwa pengetahuan perpajakan, persepsi kemudahan dan persepsi kebermanfaatan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat pengguna e-billing pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kabupaten Maros.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alomary, A., & Woollard, J. (2015). How is technology accepted by users? A review of technology acceptance models and theories.
Amaranti, R. (2006). Faktor Kritis dalam Proyek Implementasi ERP dan Pengaruhnya Amaranti, R. (2006). Faktor Kritis dalam Proyek Implementasi ERP dan Pengaruhnya Terhadap Perubahan dalam Organisasi (Studi Kasus: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk). Tesis Institut Teknologi Bandung.Terhadap Perubahan dalam Organisasi (Studi Kasus: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk). Tesis Institut Teknologi Bandung.
Anandarajan, M., Simmers, C., & Igbaria, M. (2000). An exploratory investigation of the antecedents and impact of internet usage: An individual perspective. Behaviour & information technology, 19(1), 69-85.
Anugerah Pratama, A. (2019). Pengaruh kesadaran pajak, kemudahan pajak dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak hotel dan restoran di kota Surabaya (Doctoral dissertation, Wijaya Kusuma Surabaya university).
Arvidsson, N., 2014. Consumer attitudes on mobile payment services–results from a proof of concept test. International Journal of Bank Marketing, 32(2): 150-170. Available at: https://doi.org/10.1108/ijbm-05-2013-0048.
Caroko, B. (2015). Pengaruh pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan pajak dan sanksi pajak terhadap motivasi wajib pajak orang pribadi dalam membayar pajak. Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 4(1).
Chau, P. Y., & Lai, V. S. (2003). An empirical investigation of the determinants of user acceptance of internet banking. Journal of organizational computing and electronic commerce, 13(2), 123-145.
Chen, C. (2010). Information visualization. Wiley Interdisciplinary Reviews: Computational Statistics, 2(4), 387-403.
Chuttur, M. Y. (2009). Overview of the technology acceptance model: Origins, developments and future directions. Working Papers on Information Systems, 9(37), 9-37.
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS quarterly, 319-340.
Dehbini, N., Birjandi, M., & Birjandi, H. (2015). Factors influencing the adoption of electronic payment cards in urban micro-payments. Research Journal of Finance and Accounting, 6(1), 39-47.
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2002, January). Information systems success revisited. In Proceedings of the 35th Annual Hawaii International Conference on System Sciences (pp. 2966-2976). IEEE.
De Mello, N. O., Dias, E. M., Fontana, C. F., & Fernandez, M. L. A. (2009, July). The implementation of the electronic tax documents in Brazil as a tool to fight tax evasion. In Proceedings of the 13th WSEAS International Conference on SYSTEMS (pp. 449-456). World Scientific and Engineering Academy and Society (WSEAS).
Dianta, I. A., & Zusrony, E. (2019). Analisis Pengaruh Sistem Keamanan Informasi Perbankan Pada Nasabah Pengguna Internet Banking. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 1-9.
Farouqi, M. I., Aknuranda, I., & Herlambang, A. D. (2018). Evaluasi Usability pada Aplikasi Go-Jek Dengan Menggunakan Metode Pengujian Usability. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.
Ghozali, I. (2 Gavurova, B., Bacik, R., Fedorko, R., & Nastisin, L. (2018). The customer’s brand experience in the light of selected performance indicators in the social media environment. Journal of Competitiveness, 10(2), 72.006). Structural equation modeling metode alaternatif dengan partial least square PLS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Goodhue & Thompson,1995, Task-Technology Fit and Individual Performance,. McGraw-Hill, New York.
Herman, L. A., Dewi, A. S., & Dewi, M. K. (2019). Perilaku Kepatuhan Wajib Pajak Yang Dipersepsikan Melalui Faktor Deterrence, Keadilan Dan Norma Sosial. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis & Akuntansi, 4(1), 146-161.
Jahangir, N., & Begum, N. (2008). The role of perceived usefulness, perceived ease of use, security and privacy, and customer attitude to engender customer adaptation in the context of electronic banking. African journal of business management, 2(2), 032-040.
Jogiyanto, H. M. (2007). Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Juniwati, J. (2014). Influence of perceived usefulness, ease of use, risk on attitude and intention to shop online. European Journal of Business and Management, 6(27), 218-229.
Kirana, Gita G. (2010). Analisis Perilaku Penerimaan Wajib Pajak terhadap Penggunaan E-filing (Kajian Empiris di Wilayah Kota Semarang). Semarang: Univesitas Diponegoro.
Koufaris, M. (2002). Applying the technology acceptance model and flow theory to online consumer behavior. Information systems research, 13(2), 205-223.
Kusumawati, A., Pribadi, A., & Astuti, H. M. (2013). Analyzing The Influence Of Information System’s Quality, User Satisfaction And Net Benefit Of E-Learning Users. ISICO 2013, 2013.
Mardiasmo, D., & MBA, A. (2009). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: ANDI.
Mun, Y. Y., & Hwang, Y. (2003). Predicting the use of web-based information systems: self-efficacy, enjoyment, learning goal orientation, and the technology acceptance model. International journal of human-computer studies, 59(4), 431-449.
Nawaz, S. S., & Thelijjagoda, S. (2015). Sri Lankan Citizens’ Use Behaviour towards E-Government Services. European Journal of Business and Management, 7(8), 219-231.
Notoatmodjo. Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.
Rakhmawati, S., & Isharijadi, I. (2013). Pengaruh kepercayaan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan persepsi kenyamanan terhadap minat penggunaan sistem internet banking pada nasabah bank muamalat cabang pembantu madiun. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 2(2), 71-84.
Ramayah, T., Ahmad, N. H., & Lo, M. C. (2010). The role of quality factors in intention to continue using an e-learning system in Malaysia. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(2), 5422-5426.
Said, S., & Aslindah, A. (2018). Pengaruh Penerapan E-System Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Pada KPP Pratama Makassar Selatan). ATESTASI: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(1), 29-39.
Sarana. (2000). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kemanfaatan, Kecemasan, Sikap dan Penggunaan Mikro Komputer Terhadap Hasil Kerja Akuntan Pendidik. Universitas Diponegoro Semarang.
Seddon, P. B. (1997). A respecification and extension of the DeLone and McLean model of IS success. Information systems research, 8(3), 240-253.
Setiawan, A., & Sulistiowati, L. H. (2018). Penerapan Modifikasi Technology Acceptance Model (Tam) Dalam E-business. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 10(2), 171-186.
Sudirman, S., & Muslim, M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Perusahaan Melakukan Tax Planning (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Yang Terdaftar Di KPP Madya Makassar). CESJ: Center Of Economic Students Journal, 1(1), 1-13.
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surendran, P. (2012). Technology acceptance model: A survey of literature. International Journal of Business and Social Research, 2(4), 175-178.
Sutabri, T. (2012). Analisis sistem informasi. Penerbit Andi.
Toffler, A. (1970). Der Zukunftsschock. Hamburg: Scherz.
Trenevska Blagoeva, K., & Mijoska, M. (2017). Determinants Of Mobile Internet Usage And Opportunities For M-Marketing Among Youth In The Republic Of Macedonia. International journal of multidisciplinarity in business and scienc, 3(4), 60-66.
Utomo, B. A. W. (2011). Pengaruh sikap, kesadaran wajib pajak, dan pengetahuan perpajakan terhadap keputusan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan di kecamatan Pamulang kota Tangerang Selatan.
Wahid, F. (2007). Using the technology adoption model to analyze internet adoption and use among men and women in Indonesia. The Electronic Journal of Information Systems in Developing Countries, 32(1), 1-8.
Wijaya, P. S. M. (2005). Pengujian Model Penerimaan Teknologi Internet Pada Mahasiswa. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 1(1), 51-65.
Yim, S., & Shin, M. (2013, January). Effects of the Web 2.0 and Social Network Services Environment on Information Quality and Intentions to Re-Use. In PACIS (p. 65)
Published
2020-06-26
Section
Artikel