Peran Account Representative dan Pemahaman terhadap Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak Pribadi di KPP Pratama Makassar Utara

  • Naufal Mallarangi Universitas Muslim Indonesia
  • Dahliah Dahliah Universitas Muslim Indonesia
  • Amiruddin Amiruddin Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Account Representative, Kepatuhan, Wajib Pajak Pribadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemahaman perpajakan, pelayanan perpajakan, konsultasi wajib pajak dan pengawasan wajib pajak  terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Makassar Utara. Populasi dari penelitian ini adalah 100 wajib pajak Makassar Utara. jumlah sampel yang digunakan oleh penelitian dengan menggunakan metode simple random sampling. Sampelnya adalah orang-orang yang ditemui oleh peneliti secara acak. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dengan data sekunder.  Data yang dikumpulkan dianalisis dengan rumus dari masing-masing rasio keuangan kemudian diolah menggunakan analisis regresi berganda dan path analysist. Hasil penelitian menemukan bahwa Pemahaman Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas Kepatuhan Wajib Pajak. Semakin tinggi pemahaman perpajakan, maka kepatuhan wajib pajak semakin meningkat. Pelayanan Account Representaive berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas Kepatuhan Wajib Pajak. Semakin tinggi pelayanan account representaive maka kepatuhan wajib pajak semakin meningkat. Konsultan Account Representaive berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas Kepatuhan Wajib Pajak. Semakin tinggi konsultan account representaive maka kepatuhan wajib pajak semakin meningkat. Pengawasan Account Representaive berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas Kepatuhan Wajib Pajak. Semakin tinggi pengawasan account representaive maka kepatuhan wajib pajak semakin meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rahman. 2010. Panduan Pelaksanaan administrasi Perpajakan untuk Karyawan, Pelaku Bisnis, dan Perusahaan. Bandung: Nuansa
Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50: 179-211.
Amti, Prayitno Dan Erman. Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta. (2004).
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
A.S. Moenir, 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia.Bumi Aksara: Jakarta. Hlm 88
Boediono. 2014. Ekonomi Internasional - Pengantar Ilmu Ekonomi No. 3. Penerbit: BPFE UGM.
Boy, Nofri. (2010). Analisis Pengaruh Pelayanan, Konsultasi, dan Pengawasan Account Representative terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada Kantor Pelayanan Pajak Tangerang dan Serpong) Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Diana. 2013. Konsep Dasar Perapajakan. Bandung: PT. Refika Aditama
Direktorat Jenderal Pajak. 2009 http://www.pajak.go.id diunduh tanggal 18 Desember 2011
Direktorat Jenderal Pajak.2017 http://www.pajak.go.id diunduh Maret 2019
Ebert, Ronal J, & Ricky W, Griffin, 2006, ”Bisnis”, Alih Bahasa Rd. Soemarnagara, Jakarta, Erlangga.
Fitriani. A (2006), Profil Asam Lemak Omega – 3 Dalam Hati Ikan Manyung ( Arius thalassinus ) Yang Mengalami Pemanasan Pendauluan ( Blanching ), Semarang
Fishbein, M, & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research, Reading, MA: Addison-Wesley.
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Kedua. Rajawali Pers. Jakarta.
Husein, Umar. 2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Isroah. 2013. Perpajakan. UNY Press.
Keputusan Menteri Keuangan No. 161/KM/2005 tentang Uraian Jabatan Struktural dan Pelaksana Kantor Pelayanan Pajak di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak.
Latifah, Ifah. 2008. Pengaruh Konflik Pekerjaan-Keluarga Terhadap Turnover Intentions Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Auditor Kantor Akuntan Publik Di Indonesia). Tesis Universitas Diponegoro: Semarang.
Mardiasmo, 2011. perpajakan. Penerbit Erlangga, Jakarta
Muliari, N.K., Setiawan P.E. (2010). Pengaruh Persepsi tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur
Nur, Indriantoro, dan Bambang, Supomo. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, BPFE, Yogyakarta.
Pajak dipungut berdasarkan undang-undang. Asas ini sesuai dengan perubahan ketiga UUD 1945 pasal 23A
Samino, Saring Marsudi. Layanan Bimbingan Belajar.Fairuz Media, Surakarta:2011
Soemarso, 2007. Teori Akuntansi. Penerbit. Salemba Empat, Jakarta.
Pemerintah RI, Undang-Undang RI Nomor:16 Tahun 2009 tentang perubahan kekempat atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, Pemerintah RI, Jakarta: 2009.
Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Safri Nurmantu, 2005, Pengantar Perpajakan, Jakarta: Granit.
Sitomorang dan Juhir (1994:22) Victor, M. Situmorang, dan Jusuf Juhir, Aspek Hukum Pengawasan Melekat, Yogyakarta, Rineka Cipta, 1994.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif dan R&D, Rajawali Pers, Bandung.
Winardi, 2000, Manajer dan Manajemen. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Published
2019-10-30
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>