Perspektif Audit Atas Asas Pengelolaan Keuangan Desa

Studi Pada Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone

  • Aminuddin Aminuddin Universitas Muslim Indonesia
  • Aminuddin Aminuddin Universitas Muslim Indonesia
Keywords: partisipatif, transparansi, akuntabilitas, pengeloaan keuangan desa

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui  bagaimana perspektif atas asas pengelolaan keuangan desa. Data primer diperoleh langsung Dinas Pembaerdayaan Masyarakat dan Desa Pemerintahan Kecamatan Awangpone. Sampel penelitian ini adalah Ketua dan anggota Badan Permusyawaratan Desa, masyarakat desa yang bersangkutan, Kantor Program Pemberdayaan Pembangunan Masyarakat Desa (P3MD). Data dianalisis dengan melihat perspektif yang digunakan untuk melakukan pengamatan, analisis, interprestasi, terhadap suatu realita sosial di masyarakat. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa penerapan asas pengelolaan keuangan desa dalam tahapan siklus pengelolaan keuangan desa masih perlu ditingkat, cara meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa adalah meningkatkan partisipasi aktif masyarakat desa dalam tahapan siklus pengelolaan keuangan desa; dan diperlukan kemauan bersama dari berbagai pihak yang terkait (Masyarakat, BPD, Kepala Desa, dan Pemerintah Daerah) untuk melibatkan masyarakat secara aktif dalam tahapan siklus pengelolaan keuangan desa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Deputi Bidan Pengawasan Penyelengaraan Keuangan daerah (Dadang Kurnia) 2015, Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Dan Konsultasi Pengelolaan Keuangan Desa (Juklan Binkom Pengelolaan Keuangan Desa), BPKP.
Dwipayana, Aridan Suntoro Eko, 2003, Membangun Good Governance di Desa, Institute of Research and Empowerment, Yogyakarta
Kementerian Keuangan, 2017, Buku Saku Dana Desa, Dana Desa Untuk Kesjakteraan Rakyat.
Mardiasmo, 2002. Otonomi dan Manajemen Keuanga, Penerbit Andi Offset, Yoyakarta.
_________, 2010, Akuntansi Sektor Publik, Penerbit Andi Offset, Yoyakarta.
Mayangsari Sekar dan Wandanarum Puspa, 2012, Auditing Pendekatan Sektor Publik dan Privat, Cetakan Pertama, Penerbit : Media Bangsa.
Moleong, Lexy J., 2002, Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung
Murwanto Rahmadi, Budiarso Adi, Ramahdana Hasri Fajar, 2012, Audit Sektor Publik : Suatu Pengantar Bagi pembangunan instansi Pemerintah,Penerbit : Lembag Pengkajian Keuanga Publik dan Akuntansi Pememrintah Badan Pendidkan dan Pelatihan Departemen Keuangan RI.
Nugroho R.D, 2003. Reinventing Pembangunan. Penerbit :Elex Media Komputindo.
Sitorus Victor dan Timbul Edi, 2009, Sisitem Pengendalian Manajemen, Edisi Keenam, Revesi Kelima, Penerbit : Pusat Diklat dan Pelatihan Pengawas Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan.
Sukirno Sadono, 1985, Ekonomi Pembangunan : Proses, Masalah, dan Dasar Kebijakan, Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Surjaweni Wiratna V., 2015, Akuntansi Desa : Panduan Tata Kelola Keuangan Desa, Penerbit Pustaka Baru Press.
Sumpeneo Wahjudin, 2011, Perencanaan Desa Terpadu, Cetakan Kedua, Penerbit Read.
Syauqi Beik Irfan dan Dwi Arisyanti Laily, 2016, Ekonomi pembangunan Syariah Edisi Revisi, PT. Rajagrafindo Persada , Depok.
Tuanakotta M. Theodorus, 2011, Berpikir Kritis dalam Auditing, Penerbit : Salemba Empat.
Wibawa Samudra, 2006, Evaluasi Kebijakan Publik, Penerbit : Raja Grafindo Persada.
Tesis
Handoko Hari, 2012, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Ngawi, Fakultas Ekonomi programa Studi Magister Ekonomi dan Studi pembangunan Wialayah dan Keuangan daerah, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Hargono Setiabudi Didiek, 2010, Efektifitas Penyaluran Alokasi Dana Desa pada Emapat Desa di Kabupaten Karangasem Propinsi Bali, Program Studi Mgister Perencanaan dan Kebijakan Public Kekhususan ekonomi Keuangan Negara dan Daerah Jakarta, Universitas Indonesia Jakarta.
Sobroto Agus, 2009, Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi K
Published
2019-06-20
Section
Artikel