Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Bukopin di Makassar

  • Rizky Nurtahirah Naim Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Rahman Mus Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Annas Plyriadi Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Faisal Bahari Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia https://orcid.org/0000-0002-2791-1301
Keywords: Kualitas Layanan, Nilai, Kepuasan Nasabah

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : (1) untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah bank syariah bukopin makassar, (2) untuk menganalisis pengaruh nilai terhadap loyalitas nasabah bank syariah bukopin di makassar, (3) untuk menganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas nasabah bank syariah bukopin di makassar.Penelitian ini menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada 81 sampel, dimana sampel tersebut adalah 81 nasabah Bank Syariah Bukopin di Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah bank syariah bukopin di makassar; (2) nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah bank syariah bukopin di makassar; (3) kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah bank syariah bukopin di makassar, kepuasan nasabah merupakan variabel paling dominan mempengaruhi loyalitas nasabah bank syariah bukopin di makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alida Palilati, (2007), pengaruh nilai pelanggan, kepuasan terhadap loyalitas nasabah tabungan perbankan di Sulawesi Selatan, Jurnal Manajemen dan Kewirausaan, Volume 9, No.1, Maret 2007, hal 73-81.
Alma, Buchari; (2004); Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa; Cetakan Keenam; Alfabeta; Bandung.
Antonio, Muhammad Syafi’i, (2001). Bank Syariah Dari Teori ke Praktik, Jakarta : Gema Insani.
Athanassopoulous, A. Gounaris, S and Stathakopoulus, (2001), “Behavioral Responses to Customer Satisfaction : An Emperical Studi”, European Journal Marketing, Vol. 25. No. 5/6; p. 687-707.
Armstong dan Philip Kotler. (2003). Manajemen Pemasaran. Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
_______________________. (2001). Dasar-dasar pemasaran Ed.9. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Chan, Syafruddin; (2003); Relationship Marketing; Cetakan Kedua; penerbit Gramedia Pustaka Utama; Jakarta.
Cronin, J. Joseph Jr and Steven A. Taylor, (1992), “ Measuring Service Quality : A Reaexamination and Extension”, Journal of Marketing, Vol 56,p.55-68.
Dendawijaya, Lukman, (2003). Manajemen Perbankan, Edisi kedua. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Fronell, Claes, (1996), “A National Customer Satisfaction Barometer: The Swedish Experience”, Journal of Marketing, Vol. 56 (january), p. 6-21.
Griffin, J. (2005). Customer Loyality. Edisi Revisi, Alih Bahas Dwi Kartini. Jakarta: Erlangga.
Hasan. (2006). Pengaruh Kualitas Jasa Bank Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarang, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 1, No.1, h.1-14.
Huriyanti, Ratih. (2005). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Penerbit Alfabeta. Bandung
Irawan, H. (2002). Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex media Computindo.
Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. PT Prenhallindo. Jakarta.
Kotler, Philip, (2002), Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Milenium, Jakarta, Prehallindo.
Kotler, Philip & Armstrong, Gary, (2004), Principles of Marketing, Tenth Edition, Pearson Prentice Hall , New Jersey.
Kotler, Philip. (2005). Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. IndeksKelompok Gramedia.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Line. (2007). Edisi Bahasa Indonesia, Manajemen Pemasaran ,Jilid 1, Ed 12,PT Indeks.
Kotler dan Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
_________________, (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta : Erlangga
Kuncoro, Mudrajad. (2011). Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi Keempat, Yogyakarta : Penerbit UPP STIM YKPM.
Lupiyoadi, Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : PT Salemba Empat.
Muhammad. (2005). Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan (UPP) AMP YKPN.
Published
2019-06-20
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)