PENGARUH SISTEM INFORMASI USER INTERFACE TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN TRANSPORTASI ONLINE GO-JEK DI MAKASSAR

  • Dian Dwi Resky Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Syahnur Said Fakultas Ekonomi, Universitas Muslim Indonesia
  • Ilham Labbase Fakultas Ekonomi, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: User Interface, Keputusan Konsumen, Go-jek

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang fenomena aplikasi sistem informasi user interface berbasis online yang sekarang sangat diminati oleh masyarakat salah satux Go-food. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh sistem user interface terhadap keputusan konsumen dalam memilih Go-food. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jumlah sample 40 yang terdiri dari masyarakat pengguna aplikasi Go-food aktif dengan sampling menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data melalui angket/ kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini analisis regresi dengan menguji 3 variabel Linguistic style, Key model style, Direct Manipulation Style. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel user interface berpengaruh signifikan terhadap aplikasi Go-food, kemudahan dalam akses dan bahasa aplikasi yang mudah di mengerti oleh masyarakat sehingga aplikasi ini menjadi Pilihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ferdinand A, (2002). Structural Equation Modelling Dalam Peneltian Manajemen. Edisi 2, Seri Pustaka Kunci 03/BP UNDIP.
Ghozali, I., 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM.
Hix, Deborah, and H. Rex Hartson. Developing user interfaces: ensuring usability through product & process. John Wiley & Sons, Inc., 1993.
Kotler, P., 2005. Armstrong.(2012). Principles of marketing, 14.
Kotler, P., 2012. a KL Keller, 2007. Marketing management, 12.
Kotler, P. and Armstrong, G., 2000. 2001, Principles of Marketing. A south Asian Perspective.
Kotler, P. & Amstrong, G. (2013). Prinsip – prinsip pemasaran edisi Revisi. Jakarta: Erlangga.
Laudon, K. C. & Traver, C. G. (2013). E-commerce 2013: Business Technology, Sosiety. Edinburgh Gate: Pearson.
Merwe, R. V. D. & Bekker, J. (2003). A framework and methodology for evaluating ecommerce web sites. Internet research: Electronic networking applications and policy, 13(5), pp. 330-341.
Nielsen, Jakob, and Rolf Molich. "Heuristic evaluation of user interfaces." In Proceedings of the SIGCHI conference on Human factors in computing systems, pp. 249-256. ACM, 1990.
Park, C.H dan Kim,Y.G.(2003). Identifying Key Factors Affecting Consumer Purchase Behaviour In An Online Shopping Context
Schiffman, L.G. and Kanuk, L.L., 2007. Purchasing behavior.
Ullmer, Brygg, and Hiroshi Ishii. "Emerging frameworks for tangible user interfaces." IBM systems journal 39, no. 3.4 (2000): 915-931.
Terro Pikkaraine n, et al. (2004). Consumer acceptance of online banking: an extension of the technology acceptance model.
Published
2018-07-30
Section
Artikel