PENGARUH LIKUIDITAS, SOLVABILITAS DAN AKTIVITAS TERHADAP PROFITABILITAS PT PERKEBUNAN NUSANTARA XIV DI SULAWESI SELATAN

  • Aulia Amandari Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Lukman Chalid Fakultas Ekonomi, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas, Profitabilitas

Abstract

Subyek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data laporan keuangan berupa Neraca dan Laporan Laba Rugi dalam bentuk laporan keuangan PT Perkebunan Nusantara XIV. Periode 2013-2017. Obyek penelitian adalah Kinerja Keuangan PT Perkebunan Nusantara XIV. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hal menunjukkan variabel likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa likuiditas memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan.  2). Hal menunjukkan variabel solvabilitas berpengaruh yang signifikan dengan hubungan negatife terhadap profitabilitas perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa solvabilitas memiliki peranan yang menurun laporan keuangan dalam sebuah perusahaan. 3). Hal menunjukkan variabel aktivitas berpengaruh signidikan dengan hubungan positif terhadap profitabilitas perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas neraca dan laba rugi memberika dampak yang positif bagi karyawan delam meningkatkan nilai-nilai dalam laporan bagi perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brigham, Eugene dan Joel F Houston, 2001. Manajemen Keuangan II. Jakarta: Salemba Empat
Brigham, Eugene dan Joel F Houston. 2001. Manajemen Keuangan II. Jakarta: Salemba Empat.
Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Satu, Cetakan Ketujuh. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Riyanto, Bambang. 2001. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi. Keempat, Cetakan Ketujuh. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Sawir, Agnes. 2005. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Van Horne, James C. and John M. Wachowicz. 2005. Fundamentals of Financial: Management Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Penerjemah: Dewi Fitriasari dan Deny Arnos Kwary. Jakarta: Salemba Empat.
Published
2018-07-31
Section
Artikel